Jet Tempur Rusia Pepet Pesawat Mata-mata AS, Dunia Militer Heboh

Jet Tempur F-18 Hornet milik AU Kanada (kanan) dan F-16 milik AU Portugal atas nama NATO, melintas di wilayah udara Lithuania, Latvia, dan Estonia pada 29 September 2014. Aksi militer ini sebagai antisipasi penyusupan kekuaran udara Rusia. (Foto: news.nationalpost.com)

Arah -  Jet tempur Rusia jenis Sukhoi SU-27 memepet pesawat pengintai Poseidon P-8 milik Amerika Serikat, yang sedang mengarah ke perbatasan Rusia di Laut Hitam. Sebuah informasi menyebutkan, jarak kedua pesawat hanya 3 meter di udara, sehingga sangat riskan.

Pihak Kementerian Rusia menyebut, pencegatan yang dilakukan jet tempur Rusia sudah sesuai prosedur, dan mereka terbang di wilayah udara internasional. “Pesawat mata-mata Amerika Serikat sudah 2 kali mencoba mendekati perbatasan, dengan posisi transponder mereka dimatikan untuk menghindari tertangkap radar,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayjen Igor Konashenkov, seperti dicuplik dari reuters.

Sebaliknya, para pejabat AS menyebut, aksi pesawat SU-27 pada hari Rabu (7/9) itu sebagai penyusupan dan tindakan berbahaya. Juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis mengatakan pesawat angkatan laut AS, P-8A Poseidon sedang melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional ketika jet tempur Rusia membuat manuver yang membahayakan.

"Tindakan ini sebenarnya tidak perlu, karena justru meningkatkan ketegangan, dan bisa mengakibatkan kesalahan perhitungan atau kecelakaan," katanya. Seorang pejabat pertahanan AS yang dikutip kantor berita AFP mengatakan, Sukhoi Rusia terbang dalam jarak 10 meter, sebelum kemudian merapat hingga hanya tiga meter.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pencegatan dilakukan untuk memastikan pesawat AS itu secara visual. "Pesawat Rusia terbang lebih dekat ke pesawat mata-mata itu untuk mendapatkan konfirmasi visual dan mengidentifikasi nomor sayap mereka. Setelah itu pesawat Amerika itu mengubah arah secara tajam dan terbang menjauh," kata sebuah pernyataan Rusia.

Berita Terkait

Khawatirkan ISIS, Putin Berunding dengan Menlu AS Selama 3 Jam Khawatirkan ISIS, Putin Berunding dengan Menlu AS Selama 3 Jam
Sebentar Lagi, AS Keluarkan Senjata Laser Mematikan Sebentar Lagi, AS Keluarkan Senjata Laser Mematikan
Wow! TNI AU akan Punya 1 Skuadron Jet Tempur Baru Wow! TNI AU akan Punya 1 Skuadron Jet Tempur Baru

#Amerika Serikat #Militer Amerika Serikat #Militer Rusia #Rusia #Jet Tempur #Militer

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar