Ketua KPU: Ahok Boleh Tidak Cuti Kalau ...

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta. (Dok.Antara/Widodo S. Jusuf)

Arah - Ketua KPU Juri Ardiantoro mengatakan petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa saja tidak cuti apabila gugatannya oleh Mahkamah Konstitusi dikabulkan.

"Pokoknya pegangan kami (KPU) adalah aturan apa yang menjadi rujukan. Kalau ada keputusan hukum lain yang membuat peraturan berubah, kami akan ikuti," kata Juri di Fraksi PKB, DPR RI, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Meski menegaskan cuti adalah kewajiban dan syarat pencalonan dalam kampanye, Juri mengatakan peraturan itu bisa saja berubah.

"Termasuk soal cuti. Kalau keputusan MK petahana tidak perlu cuti, ya berarti peraturan itu sah, Ahok boleh tidak cuti," jelasnya.

Juri juga menuturkan jika keputusan MK keluar sebelum pendaftaran calon, cuti tidak lagi menjadi syarat bagi petahana yang wajib dilakukan.

"Kalau itu (keputusan MK) keluar pas udah jadi calon, ya tentu akan diatur bahwa cuti itu tidak mengikat. Kalau sudah kampanye dan cuti, ketika keputusan MK turun langsung bisa dieksekusi bahwa kewajiban cutinya gugur," ungkapnya. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

MK Minta Ahok Buktikan Adanya Kerugian Konstitusional MK Minta Ahok Buktikan Adanya Kerugian Konstitusional
Di Sidang Lanjutan, Ahok Janji akan Keluarkan Senjata Pamungkas Di Sidang Lanjutan, Ahok Janji akan Keluarkan Senjata Pamungkas
Tanggapi Ucapan Yusril di Sidang MK, Ahok: Biasa Aja Tanggapi Ucapan Yusril di Sidang MK, Ahok: Biasa Aja

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Cuti Petahana #Cuti Kampanye #Mahkamah Konstitusi #Juri Ardiantoro #Komisi Pemilihan Umum

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar