Duh! 2 Jemaah Haji Indonesia Ditangkap Polisi Saudi

Kabah/Foter/Ayu Mayshita

Arah -  Dua jemaah haji Indonesia asal Makassar, masing-masing berinisial RDN (41) dan ARN (43), ditahan polisi Arab Saudi. Kedua jemaah yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Makassar (UPG 11) tersebut ditangkap dari area thawaf di sekitar Kabah, karena diduga menjadi joki hajar aswad.

Kepala Seksi Perlindungan Jamaah (Linjam) Daerah Kerja (Daker) Mekkah Wagirun Topan Tuwinangun, seperti dikutip dari Antara, menjelaskan kronologi penangkapan kedua jemaah haji. Menurutnya, mereka ditangkap setelah memandu istri, nenek, dan keluarga mereka untuk mencium hajar aswad.

Pada kesempatan pertama, RDN berhasil memandu sejumlah jemaah perempuan untuk mencium Hajar Aswad. Giliran berikutnya, RDN akan membantu ARN. Namun, baru beranjak dari tempat berkumpul mereka yang berada di salah satu sudut area thawaf, kedua orang ini ditangkap polisi Haram dan dibawa ke markas kepolisian untuk dimintai keterangan.

Sementara itu, rombongan jemaah perempuan yang akan dipandu mencium Hajar Aswad akhirnya kembali ke hotel. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (20/9) lalu. Selanjutnya, perwakilan mereka melaporkan ke Seksi Perlindungan Jemaah di Kantor Daerah Kerja Mekkah.

Setelah melalui proses yang panjang, petugas haji Indonesia berhasil meminta kepolisian setempat untuk membebaskan kedua jemaah tersebut pada Jumat (23/9).

"Kedua jemaah ini berhasil dibebaskan berkat kerja sama antara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, KJRI, Maktab, dan Muassasah," kata Wagirun Topan Tuwinangun, saat memberikan keterangan pers di Daker Mekkah, Sabtu (24/9).

Berita Terkait

Masya Allah… Menabung 7 Tahun, Tukang Sampah ini Bisa Naik Haji Masya Allah… Menabung 7 Tahun, Tukang Sampah ini Bisa Naik Haji
Merasa Tak Diurus, Keluarga Korban Crane Mekah Tanyakan Santunan Merasa Tak Diurus, Keluarga Korban Crane Mekah Tanyakan Santunan
30 Tahun Tugas di Negara Islam, Dubes ini Akhirnya Jadi Mualaf 30 Tahun Tugas di Negara Islam, Dubes ini Akhirnya Jadi Mualaf

#Jemaah Haji #mekkah #Masjidil Haram #Arab Saudi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar