Saksi Ahli: Cuti Itu Hak atau Kewajiban?

Ilustrasi: Mahkamah Konstitusi (MK) menyidangkan gugatan. (Foto: arah.com)

Arah - Pakar hukum administrasi negara Profesor Harjono yang hadir sebagai saksi ahli mempertanyakan makna cuti di hadapan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Judicial Review Undang-Undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 70 (3) yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Cuti itu hak atau kewajiban? Kalau kita lihat konstruksi pasal 70, cuti adalah kewajiban. Satu hal yang tidak jelas itu adalah kalau cuti hak, seorang yang akan mengambil cuti itu dia bisa mempertimbangkan," kata Harjono di gedung MK, Jakarta, Senin (26/9/2016).

Harjono mengaku heran dengan penafsiran pasal tersebut, di mana seorang petahana yang diwajibkan cuti juga kehilangan haknya.

"Bagaimana seseorang ingin melakukan kewajiban tapi kehilangan haknya? Oleh karena itu konstruksi hukumnya tidak jelas. Ini sesuatu yang tidak adil. Nggak masuk akal," sebutnya.

Harjono mengaitkannya dengan undang-undang keuangan negara, di mana tidak ada pejabat negara yang berhak menyusun anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), kecuali gubernur atau kepala daerah itu sendiri.

"Hal ini menimbulkan ketidakpastian hukum. Karena itu, memang dalam hal ini (cuti petahana) perlu dipertimbangkan ketika bicara Pilkada," tegasnya.

Lebih lanjut Harjono mengatakan perlunya fungsi pengawasan dalam APBD yang menjadi hak gubernur.

"Yang dibutuhkan adalah sistem pengawasan bukan mempersoalkan hak-hak kepala negara yang seharusnya sudah dijamin oleh konstitusi. Itu hak gubernur sebagai kepla daerah," tutur Harjono.

Dalam perumusan yang termaktub pada pasal 70 Nomor 10 Tahun 2015, Harjono menyinnggung kemungkinan adanya sinkronisasi antara menjaga hak gubernur dan melaksanakan pemilu.

"Jadi tidak selama kampanye, tapi inti dia harus melakukan kewajibannya, dalam hal ini menyusun APBD maka dia bisa tidak harus cuti," pungkasnya. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

DPR Tolak Uji Materi Ahok soal Cuti Petahana DPR Tolak Uji Materi Ahok soal Cuti Petahana
Ketua KPU: Ahok Boleh Tidak Cuti Kalau ... Ketua KPU: Ahok Boleh Tidak Cuti Kalau ...
Di Sidang Lanjutan, Ahok Janji akan Keluarkan Senjata Pamungkas Di Sidang Lanjutan, Ahok Janji akan Keluarkan Senjata Pamungkas

#Cuti Petahana #Cuti Kampanye #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar