Satir! Ini Beda Budaya Timur dan Barat dalam Karya Seniman Grafis

Mengekspresikan Pendapat. (Image: Taschen/qz)

Arah - Seniman grafis Yang Liu memiliki mata dan pikiran yang tajam untuk perbandingan budaya, diasah oleh pengalaman pribadi. Pada tahun 1990, di usia 13 tahun, ia pindah dari Beijing, ke Berlin. Setelah tepat 13 tahun di sana, ia memulai sebuah proyek ilustrasi untuk mendokumentasikan pengalaman ganda saat di Tiongkok dan Jerman.

Mulanya, ia menciptakan 47 poster biru dan merah dengan sederhana, seri satir Yang Liu dengan cara bermain-main dengan grafis dan menangkap perbedaan antara budaya: dari hirarki kerja hingga etika di restoran.

Sejak dipamerkan di Kementerian Luar Negeri di Jerman, kumpulan karya tersebut kemudian dibukukan dan diterbitkan pada tahun 2007 oleh otoritas buku seni Taschen dengan judul 'East Meets West'.

"Proyek ini mencerminkan sangat banyak cara pribadi kita untuk mengekspresikan berbagai hal," kata Liu.

Dia mengatakan bahwa pindah sebagai seorang anak memberinya kebiasaan membandingkan situasi dalam berinteraksi.

"Banyak situasi yang lebih baik untuk kita pahami dengan melihatnya dari bentuk yang lain," ucapnya, yang dikutip Quartz.

Penjajaran dalam membandingkan, tampaknya menjadi suatu sifat mendefinisikan pekerjaan Liu: Dia juga telah menerbitkan serangkaian karya serupa yang disebut 'Man meets Woman' , juga dengan Taschen.

Berikut adalah beberapa karya perbandingan penyataan dari East Meets West (Budaya Barat (kiri/biru), Budaya Timur (kanan/merah):

Ketika di restoran.

Tentang saya.

Baca di halaman selanjutnya >>

Berita Terkait

Sedikit yang Tahu,Ternyata Ini Logo Awal dari 'Merek' Sohor Dunia Sedikit yang Tahu,Ternyata Ini Logo Awal dari 'Merek' Sohor Dunia
Banyak yang Mengira Ini Gambar Serangga, Tapi Sesungguhnya… Banyak yang Mengira Ini Gambar Serangga, Tapi Sesungguhnya…
Apa Kabarnya Pria Paling Tampan Se-Indonesia? Apa Kabarnya Pria Paling Tampan Se-Indonesia?

#Seniman Grafis #Karya Grafis #Yang Liu #Fakta Unik #Foto Unik #unik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar