Pasca-insiden, Danlanud Evaluasi Kesiapan Penerjun JAS

Atlet paralayang melakukan lepas landas saat acara Jogja Air Show di Pantai Parangendog, Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (26/3). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Arah - Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta, Imran Baidirus mengevaluasi kesiapan penerjun payung dalam penyelenggaraan 'Jogja Air Show 2016' (JAS). Hal ini dilakukan pasca-insiden yang menewaskan salah satu penerjun akibat kecelakaan saat pendaratan Sabtu (26/3/2016).

"Dengan adanya insiden ini kita evaluasi, tadinya dilaksanakan dua kali, namun kita stop dulu, kita cek kesiapannya," ujar Imran dalam keterangannya kepada wartawan di Rumah Sakit Harjo Lukito Komplek Lanud Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (26/3/2016).

Seperti diberitakan, penerjun payung 'Jogja Air Show' Wika Melati Mulyaningtyas (24) meninggal setelah mengalami kecelakaan saat pendaratan di Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Untuk hari kedua ditunda, apakah bisa dilanjutkan atau tidak besok terjun payungnya kita lihat nanti. Setiap ada kecelakaan ada investigasi dan evaluasi," kata Imran.

Imran memastikan kondisi penerjun Wika sebelum mengalami kecelakaan karena mendarat di pantai dalam kondisi baik. Namun karena saat itu Wika mendarat sekitar 30 meter dari bibir pantai dan mulai pasang, korban terseret ombak pantai.

"Almarhum merupakan atlet FASI (Federasi Aero Sport Indoesia) DIY. Sebenarnya medannya layak bahkan angin secara keseluruhan layak, akan tetapi terpisah sendiri. Kita masih melakukan pendalaman apakah ada masalah teknis di parasut," katanya.

Jogja Air Show 2016 digelar selama tiga hari pada 25 sampai 27 Maret 2016. Acara ini dimeriahkan pertunjukan FASI static show, aero shop, dan berbagai pertunjukan serta lomba-lomba seperti terjun payung, paralayang, gantole, paramotor, aeromodelling, sepatu roda, dan foto dirgantara.(Antara)

 

Berita Terkait

Satu Penerjun Tewas Jatuh ke Laut, 'Jogja Air Show' Berduka Satu Penerjun Tewas Jatuh ke Laut, 'Jogja Air Show' Berduka
Kicauan Akun Twitter TNI AU Banjir Pujian Dari Netizen Kicauan Akun Twitter TNI AU Banjir Pujian Dari Netizen

#Jogja Air Show 2016 #Penerjun Tewas #FASI #Terjun Payung #TNI AU #Pameran Air Show

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar