Artis Jadi Timses, Lembaga Survei: Masih Banyak Pemilih Rasional

Diskusi Populi Center dan rilis survei bertajuk 'Arah Suara Pemilih Pilgub DKI' di Kantor Populi Center, Slipi, Jakarta Pusat, Kamis (6/10). (arah.com/Dani Hermansyah)

Arah -  Direktur Lembaga Survei Populi Usep S. Ahyar mengatakan masyarakat yang menggunakan hak pilihnya secara rasional masih dominan pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Hal ini terkait artis yang menjadi bagian dari tim sukses pasangan calon pada Pilkada DKI 2017.

"Yang rasional itu menurut survei kami sangat banyak, bahkan hampir dominan, tidak berdasarakan lebih banyak pada bersandarkan kesaamaan suku atau aliansi politik," ujar Usep di kantornya, Jalan Letjen S. Parman, Slipi, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Ia mengakui secara teoritis perilaku pemilih dipengaruhi banyak hal.

"Secara teoritis saya kira, jadi memang perilaku pemilih ini dipengaruhi banyak hal, jadi kan antara lain misalnya dari teori perspektif sosioligis, dia (pemilih) melihat kelompok-kelompok aliansi dia itu sangat mempengaruhi tentang kemana dia akan memilih," ungkapnya.

Lebih lanjut, Usep mengatakan tidak hanya figur yang akan mempengaruhi pemilih. Peran media, lanjut dia, juga dapat memberikan pengaruh dalam proses Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

"Untuk memutuskan dia memlih apa, kemudian kan figur, tokoh juga akan mempengaruhi, lalu kemudian media, media juga begitu, makanya banyak di antaranya yang menggunakan media itu untuk mempengaruhi pemilih," kata Usep. (Dani)

Berita Terkait

Jubir: Anies-Sandi Pemimpin yang Membangun Tanpa Menyakiti Jubir: Anies-Sandi Pemimpin yang Membangun Tanpa Menyakiti
Sindir Koalisi Kekeluargaan, Ahok: Keluarga Kok Bertarung Sindir Koalisi Kekeluargaan, Ahok: Keluarga Kok Bertarung
Ini yang Dilakukan Ahok Jika Golkar Tarik Dukungan Untuknya Ini yang Dilakukan Ahok Jika Golkar Tarik Dukungan Untuknya

#Populi Center #Pilkada DKI Jakarta 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar