Diprotes Ahok, Ini Tanggapan Saksi Ahli Presiden

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta. (Dok.Antara/Widodo S. Jusuf)

Arah -  Saksi Ahli presiden Djohermansyah Djohan menanggapi protes Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mempertanyakan seorang pelaksana tugas (Plt) boleh menandatangani APBD selama dirinya cuti untuk kampanye dalam Pilkada DKI 2017.

"Begini, saudara jangan bingung-bingung, di pemerintahan gak boleh banyak bingung, kalo bingung gak bisa ngurus rakyat," kata Djohan mengawali tanggapan dari Ahok di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Djohan menjelaskan, kewenangan Plt saat ini berbeda dengan yang dipertanyakan Ahok.

"Kalau dulu Plt kita tidak sampe masuk perda dan penetapan perda OPD, kebijakan yang dibuat permendagri adalah untuk menjawab fenomena terakhir soal cuti petahana. Sekarang Plt diberi mandat lebih besar, sekarang dia menetapkan perda," jelas Mantan Dirjen Otda Kemendagri ini.

Djohan sebagai ahli menjelaskan ketika petahana cuti pemerintah pusat akan menunjuk pelaksana tugas (PLT) yang diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 74 tahun 2016. Plt juga disebut berwenang dalam menandatangani perda APBD.

Ahok kemudian melancarkan protesnya dengan menyebut Permendagri tersebut membingungkan serta membahayakan. Pasalnya Plt yang direkomendasikan Kemendagri dikhawatirkan tidak bisa melanjutkan program yang berjalan.

""Sejak saya jadi bupati sampe wagub kok jadi berbeda penafsiran permendagri yang dipakai. Kok sekarang Plt tiba-tiba boleh. Kalo boleh saya tanggung jawabnya gimana, yang ketok palu memutuskannya dia (Plt), kalo diaudit BPK bingung," keluh Ahok. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

Ahok Pasrah Jika Memang Harus Cuti Saat Kampanye Ahok Pasrah Jika Memang Harus Cuti Saat Kampanye
Ahok Optimistis Menangkan Gugatan Pasal Cuti Petahana Ahok Optimistis Menangkan Gugatan Pasal Cuti Petahana
Ahok Siapkan Tim Uji Materi Pilkada Ahok Siapkan Tim Uji Materi Pilkada

#Basuki Tjahaja Purnama #Cuti Petahana

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar