Uji Materi Belum Putusan, Ahok Pertanyakan Cuti Kampanye

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (Helmi Shemi/Arah.com)

Arah - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempertanyakan apakah cuti selama masa kampanye bisa dilakukan meski waktu pengajuan cuti telah melewati batas. Hal ini terkait uji materi pasal 'cuti petahana' UU Pilkada yang diajukan Ahok ke Mahkamah Konstitusi.

"Kan terakhir ajukan cuti tanggal 17 (Oktober). Ya sudah saya mah gak masalah cuti mah cuti aja. Cuma yang saya pertanyakan, sah atau tidak, kata kemendagri sah," kata Basuki di Balai Kota Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Ahok mengatakan masih harus menunggu dua sidang sebelum putusan bisa atau tidaknya petahana tidak cuti selama masa kampanye Pilkada.

"Sidang berikutnya dengarkan saksi ahli terkait. Lalu sidang berikutnya kesimpulan. Setelah kesimpulan saya gak tau apa mesti sidang lagi," kata Ahok.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menerbitkan Peraturan Mendagri Nomor 74 Tahun 2016. Peraturan itu mengatur ketentuan pelaksana tugas (plt) yang menggantikan posisi sementara petahana saat mengikuti Pilkada Serentak 2017.

Tjahjo mengatakan tugas plt mengawal dan mensukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017, menangani proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017.

Ahok mengaku belum mengetahui Peraturan Mendagri itu. Namun dia mengatakan gubernur yang berhak mengesahkan APBD seperti diatur dalam Undang Undang Keuangan Daerah.

"Itu (Permendagri) yang saya gak tau. Menurut MK yang kami sampaikan melalui saksi ahli kami, UUD 45, itu termasuk UU tentang Keuangan Daerah. Bahwa yang berhak tanda tangan urusan paripurna APBD adalah gubernur," kata Ahok.(Helmi Shemi)

Berita Terkait

Ahok Targetkan Waktu 2 Hari untuk Sempurnakan Gugatan Ahok Targetkan Waktu 2 Hari untuk Sempurnakan Gugatan
DPR Tolak Uji Materi Ahok soal Cuti Petahana DPR Tolak Uji Materi Ahok soal Cuti Petahana
MK Gelar Sidang Perdana Permohonan Ahok Soal Cuti Petahana       MK Gelar Sidang Perdana Permohonan Ahok Soal Cuti Petahana

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Cuti Petahana #uji materi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar