Curah Hujan Naik, Gunung Kidul Status Siaga Darurat Bencana

Ilustrasi Hujan (freedigitalphotos)

Arah - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengeluarkan status siaga darurat bencara banjir dan longsor mulai akhir Oktober 2016 hingga Januari 2017.

Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul Budhi Harjo di Gunung Kidul, mengungkapkan penetapan status tersebut didasarkan prakiraan kondisi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta soal intensitas curah hujan yang akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan.

"Untuk itu, kami mengeluarkan status siaga darurat bencara banjir dan longsor mulai akhir Oktober 2016 hingga Januari 2017," katanya, seperti dikutip Antara, Minggu (30/10).

Budhi mengatakan bahwa wilayah yang rentan banjir, seperti Kecamatan Wonosari, Nglipar, Ngawen, dan Semin. Dia menyebutkan wilayah longsor ada enam kecamatan, yakni Gedangsari, Nglipar, Semin, Ngawen, Ponjong, dan Patuk. Terdapat 63 titik berpotensi longsor di daerah itu.

"Beberapa waktu lalu pernah terjadi longsor di sebagian wilayah Gedangsari, Patuk, dan Semin," tuturnya.

Untuk mengantisipasi, pihaknya menyiapkan personel untuk siaga selama 24 jam penuh. Selain itu, 24 anggota Tim Reaksi Cepat dengan bantuan sejumlah petugas mulai diingatkan untuk meningkatkan kesiagaan.

"Kami sudah melakukan pertemuan dengan forum desa pengurangan risiko bencana terkait status wilayah Gunung Kidul tersebut," jelasnya.

Guna mempercepat jika ada bencana, pihaknya mendirikan delapan posko enam di masing-masing kecamatan rawan longsor, dua di antaranya berada di kabupaten.

"Kami sudah ingatkan semua untuk mulai lebih siaga," terang Budhi.

Berita Terkait

49 Orang Tewas 'Hanya' Gara-gara Hujan 49 Orang Tewas 'Hanya' Gara-gara Hujan
Usai Hujan, Kawasan Kemang Kembali Tergenang Usai Hujan, Kawasan Kemang Kembali Tergenang
Ini Penyebab Banjir di Jati Padang Versi Warga Ini Penyebab Banjir di Jati Padang Versi Warga

#Gunung Kidul #bencana #Hujan Lebat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar