Ahok: Tahun Depan, Seluruh Ujian Nasional Pakai Sistem Komputer

Siswa SMA Negeri 1 Lhokseumawe mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Senin (4/4). Pelaksanaan UN tahun 2016 di ikuti sebanyak 22.612 siswa dari 91 SMA dan SMK sederajat mengikuti UNBK dan 100.671 siswa dari 898 SMA, Madrasah Aliyah, dan SMK secara manual di Aceh. ANTARA FOTO/Rahmad/aww/16.

Arah - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan Ujian Nasional (UN) mulai tahun depan seluruhnya berbasis komputer atau UNBK.

Upaya menggantikan UN berbasis kertas atau Paper Based Test ini dilakukan untuk menghindari adanya kebocoran soal.

"Kami menargetkan seluruh sekolah di DKI Jakarta akan dipaksa seluruhnya untuk berbasis komputer, termasuk swasta. Karena memang UN berbasis komputer banyak varian soal sehingga tidak memungkinkan untuk bocor," kata Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama, saat ditemui wartawan di Balai Kota, Senin (4/4).

Sebenarnya, kata Ahok—sapaan akrab Basuki, sangat memungkinkan jika UNBK dilaksanakan secara menyeluruh karena ada pihak swasta yang menawarkan kerja sama.

"Ada juga beberapa universitas menawarkan agar ujian dilaksanakan di tempat mereka. Misalnya, Bina Nusantara. Mereka punya infrastruktur lengkap. Tapi, kami khawatir kalau seperti itu mobilisasinya masih sulit. Administrasi juga harus diberesin," jelas Ahok.

Mantan bupati Belitung itu memaparkan, saat ini terdapat 627 sekolah di Jakarta—mulai dari SD, SMP sampai SMA—dengan rata-rata 1.000 siswa per sekolah. Hal ini yang menjadi kendala dalam pelaksanaan UNBK.

"Kalau realisasinya melibatkan kontraktor abal-abal, rehabilitasi 4-5 triliun rupiah enggak ada yang beres. Saya mau konsolidasikan lelangnya," tutur Ahok.

Sebagaimana diketahui, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyiapkan dana Rp3,05 triliun untuk melaksanakan rehabilitasi gedung sekolah di Ibu Kota tahun depan. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

Warga Luar Batang: Biar Kayak Kandang Kambing tapi Bangun Sendiri Warga Luar Batang: Biar Kayak Kandang Kambing tapi Bangun Sendiri
Matangkan Hapus 3 in 1, Ahok Gandeng Polda Metro Jaya Matangkan Hapus 3 in 1, Ahok Gandeng Polda Metro Jaya
Ahok: 180 Bus TransJakarta Sudah Dihancurkan Ahok: 180 Bus TransJakarta Sudah Dihancurkan

#Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) #Ujian Nasional #Ujian Akhir Sekolah #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Pemprov DKI Jakarta #Rehabilitasi Gedung Sekolah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar