Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah Terkait Anggaran

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono (kedua kanan) serta Mendikbud Anies Baswedan (ketiga kiri) berjalan seusai bertemu masyarakat di Desa Piasak, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa (22/3). (Antara/Jessica Helena Wuysang)

Arah -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan panggil kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015 pada Jumat (8/4) dalam rangka pengarahan khususnya terkait anggaran.

"Insya Allah nanti pada hari Jumat Presiden akan memberikan arahan kepada para kepala daerah yang baru terpilih, baik itu bupati, wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota," kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Sebelum kunjungan kerja ke Maluku, Papua Barat dan Maluku Utara, Presiden Jokowi pada Senin (4/4) pagi memanggil sejumlah menteri. Selain Seskab Pramono Anung, tampak hadir di Istana Kepresidenan Jakarta, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkeu Bambang Brodjonegoro dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Dilansir dari Antara, Pramono mengatakan Presiden Jokowi memanggil kepala daerah baru dan akan memberi pengarahan agar apa yang menjadi kebijakan di pusat betul-betul bisa diturunkan sampai di daerah.

"Terutama adalah Presiden mau mengubah paradigma tentang anggaran karena tidak lagi sama dengan paradigma anggaran seperti yang sebelumnya," katanya.

Ia menyebutkan pada paradigma anggaran sebelumnya, anggaran dibagi habis, maka saat ini diubah menjadi uang mengikuti program.

"Sekarang diubah oleh beliau menjadi uang itu mengikuti program. Apa yang menjadi prioritas daerah, dari pemerintah," katanya.


Disebutkan, ada empat hal pokok yang akan dibahas dalam rapat kabinet paripurna, yaitu pembahasan RAPBNP 2016, kemudahan berusaha atau easy doing business, rencana kerja pemerintah jangka menengah dan panjang termasuk one map policy dan persoalan terkini.

"Presiden betul-betul ingin persoalan terkini yang ada dalam pemerintahan dapat segera teratasi," katanya.

Berita Terkait

Presiden Sudah Terima Laporan Terkait Surat Fasilitas Menpan RB Presiden Sudah Terima Laporan Terkait Surat Fasilitas Menpan RB
Kelahiran Cucu Presiden, Gubernur Jabar Ucapkan Selamat Kelahiran Cucu Presiden, Gubernur Jabar Ucapkan Selamat
Presiden Perintahkan BNPB Turun Ke Lokasi Gempa Mentawai Presiden Perintahkan BNPB Turun Ke Lokasi Gempa Mentawai

#anggaran negara #apbn #Dana APBN #presiden jokowi #Istana Negara

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar