Seribu Tahun Lalu, Abbas Ibn Firnas Sudah Temukan Alat ini

Ilustrasi penemuan Abbas ibn Firnas.

Arah - Abbas Ibnu Firnas adalah ensiklopedis Muslim dunia. Ia lahir di Andalusia (Spanyol) pada masa pemerintahan Dinasti Umayyah, pada abad kesembilan.

Ia terkenal dengan kemampuannya sebagai penemu alat untuk terbang. Selain sebagai penemu di dunia aviasi, ia juga seorang penyair istana. Kecintaanya pada ilmu pengetahuan membawa namanya dikenal di berbagai bidang, termasuk matematika, astronomi, dan dalam musik.

Selain itu, Abbas Ibnu Firnas juga banyak menghasilkan penemuan penting yang memberikan pengaruh hingga hari ini. Salah satunya adalah kaca transparan yang dibuatnya dari pasir.

Baca Juga:

Pada Bulan Safar Allah Menurunkan Musibah dan Bencana, Benarkah?

Seekor Burung Pipit Sekali pun, Membantu Nabi Ibrahim

Subhanallah, Inilah Tanda-tanda Kemunculan Imam Mahdi Akhir Zaman

Catat! 10 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Muharam

Penting, Ini Keutamaan Puasa Bulan Asyura

Alat lain yang juga hasil dari buah karyanya adalah bolpoin yang cukup mirip dengan bolpoin pengguna saat ini. Ia merancang penggunaan bolpoin terbentuk dari tabung silinder untuk tempat tinta dan meruncing di ujungnya untuk memudahkan menulis.  Ada pula dalam bidang astronomi yang memiliki banyak prestasi.

Namun yang paling dikenal adalah penemuannya dalam bidang penerbangan. Pada awalnya ia menggabungkan kemahirannya dalam bidang matematika yang dikolaborasi dengan gerakan sayap, dan kecepatan angin.

Untuk memulai terbang, dalam sejarah dikatakan terjun dari tempat yang tinggi dan mampu terbang untuk jangka waktu lama (10 menit). Ia bahkan pernah cidera untuk mengunji penemuannya itu yang berakibat luka pada punggungnya. Abbas ibn Firnas kemudian menjalani perawatan beberapa bulan.

Untuk menghormati Ibnu Firnas pada tahun 1887 didirikan sebuah patung di bandara di ibu kota Irak, Baghdad. Sementara badan antariksa AS, NASA memberi nama untuk salah satu kawah bulan dengan namanya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait:
Allah Turunkan 320 Ribu Bencana di Rabu Terakhir Bulan Safar?
Cuaca Buruk? Awas! Ini Hukumnya Mencela Cuaca
Pada Bulan Safar Allah Menurunkan Musibah dan Bencana, Benarkah?
Apakah Hukum Khitan itu Wajib Bagi Setiap Muslim?
Subhanallah, Inilah Tanda-tanda Kemunculan Imam Mahdi Akhir Zaman

Berita Terkait

Catat! Ini Amalan yang Mesti Dilakukan Saat Datang Bulan Maulud Catat! Ini Amalan yang Mesti Dilakukan Saat Datang Bulan Maulud
Subhanallah, Inilah Tanda-tanda Kemunculan Imam Mahdi Akhir Zaman Subhanallah, Inilah Tanda-tanda Kemunculan Imam Mahdi Akhir Zaman
Ternyata Peneliti Penyakit Cacar Pertama Adalah Ilmuwan Muslim Ternyata Peneliti Penyakit Cacar Pertama Adalah Ilmuwan Muslim

#ilmuwan muslim #ilmuwan #islam #Sunnah Rasul #rasulullah saw

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar