10 Negara di Dunia yang Belanja 'Habis-habisan' untuk Militer

Pasukan militer (ilustrasi) (Foter/The U.S. Army)

Arah - Alokasi dana atau belanja militer seringkali menjadi parameter kekuatan sebuah negara. Semakin tinggi anggarannya, semakin besar pula armada militer dan persenjataannya.

Secara global, belanja militer di seluruh dunia mencapai 1,7 triliun dolar AS sepanjang 2015, atau setara Rp22.465 triliun—setara 11 kali APBN kita di tahun 2016.

Total belanja akhirnya meningkat sejak tahun 2011, menurut data Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI)—badan khusus yang melacak pengeluaran senjata di seluruh dunia, yang dikutip Washington Post, Rabu (6/4).

Amerika Serikat masih jauh memimpin dengan penguasaan sepertiga porsi pengeluaran senjata seluruh dunia. Negara adikuasa itu mengalokasikan dana sebesar 596 miliar dolar AS (setara Rp7.876 triliun) untuk belanja militer, sepanjang tahun lalu.

Menempel AS, Tiongkok dengan total belanja 215 miliar dolar AS dan secara mengejutkan Arab Saudi di posisi ketiga dengan anggaran 87,2 miliar dolar AS (setara Rp1.152 triliun)—menyalip Rusia dengan alokasi belanja (US$66,4 miliar).

Selanjutnya
Ke Manakah Anggaran Militer Arab Saudi?

Berita Terkait

Sebentar Lagi, AS Keluarkan Senjata Laser Mematikan Sebentar Lagi, AS Keluarkan Senjata Laser Mematikan
Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah Terkait Anggaran Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah Terkait Anggaran
Militer dari 35 Negara Bakal 'Guncang' Sumatera Barat Militer dari 35 Negara Bakal 'Guncang' Sumatera Barat

#Militer Amerika Serikat #Militer #Akademi Militer #Belanja Militer #Dana APBN

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar