Festival Pesona Mentawai Dongkrak Kunjungan Wisatawan

pembukaan festival mentawai 2016/Kementerian Pariwisata

Arah -  Ombak Mentawai bakal dijadikan sudut pandang kekuatan Festival Pesona Mentawai 2016, yang digulirkan 19-24 April nanti. Menteri Pariwisata Arief Yahya menjanjikan bakal melanggengkan kegiatan bahari di Pesisir Sumatera Barat itu tahun depan.

"Festival Pesona Mentawai 2016 ini adalah kali pertama. Dukungan Kemenpar dari pemasaran adalah akan menjadikan festival ini sebagai agenda tahunan. Karena itu, semua pihak bisa prepare lebih awal. Lebih matang, lebih keren, lebih banyak mengundang wisatawan baik nusantara maupun mancanegara," kata Arief, saat membuka festival itu.

Tahun ini Kementerian Pariwisata juga akan mengembangkan wisata kawasan Kepulauan Mentawai dan Pulai Siberut sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

"Karena itu, Pak Bupati, Pak Gubernur, jangan dibangun apa-apa dulu, sabar, sebelum detail master plan-nya jadi. Saya menugaskan Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata (PDIP) Kemenpar untuk menuntaskan ini," ungkapnya.

Mentawai memiliki atraksi alam yang sangat elok, di antaranya 70 surfing spot yang telah mendunia dari total 400 lebih spot yang ada, dan 30 diving spot yang pemandangan bawah laut yang menawan. Menpar berpendapat kendala yang muncul saat ingin ke Mentawai adalah masalah transportasi. Karena saat ini bandara yang tersedia di Mentawai masih 800 meter, sedangkan jika menyebrang menggunakan kapal ke Mentawai membutuhkan waktu 3 jam.

"Gampangnya begini, 75 persen wisman itu masuk ke Indonesia lewat udara, karena kita negara kepulauan. 24 persen via penyeberangan di Batam-Bintan via Singapora. Hanya satu persen pelintas batas, atau overland. Karena itu, biar tidak kerja dua kali, maka sebaiknya disiapkan konsep bandara dengan lebar 45 meter dan panjang 2.500 meter," jelasnya.

Menteri Pariwisata meminta Bupati dan Gubernur menyiapkan kawasan minimal 300 hektar untuk pengembangan pariwisata berkesinambungan. "Karena rumusnya destinasi adalah 3A: atraksi, akses, dan amenitas. Atraksi sudah kuat, akses sedang dicarikan solusi, dan amenitasnya harus dibangun," papar Arief Yahya.

Pembukaan Festival Pesona Mentawai 2016 itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet. Ada tarian tradisional Turuk Langgai, yang ditampilkan dengan penari-penari bertatto yang khas Mentawai. Tetabuhan musiknya juga cukup unik dengan bongo dan alat-alat tradisional.

Berita Terkait

Festival Pesona Mentawai Suguhkan Aksi Peselancar Internasional Festival Pesona Mentawai Suguhkan Aksi Peselancar Internasional
Militer dari 35 Negara Bakal 'Guncang' Sumatera Barat Militer dari 35 Negara Bakal 'Guncang' Sumatera Barat

#mentawai #festival mentawai #wisata mentawai

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar