Festival Pesona Mentawai Suguhkan Aksi Peselancar Internasional

Peselancar Tom Dosland tergelincir lalu jatuh dari ombak setinggi 12 meter di Hawaii. (YouTube/Storyful)

Arah -  Kepulauan Mentawai di sumatera Barat memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata. Mulai dari keindahan alam seperti deretan pantai indah, serta tidak ketinggalan budaya yang beragam. Inilah yang coba diperkenalkan melalui Festival Pesona Mentawai 2016.

Acara yang akan berlangsung mulai 19 hingga 24 April di Pantai Mapadegat, Kecamatan Sipora Utara, Mentawai, Sumatera Barat, ini akan menampilkan seni budaya khas masyarakat Mentawai serta kompetisi surfing tingkat internasional yang dapat mendatangkan para peselancar dunia.

"Mentawai sudah lama dikenal di dunia internasional sebagai destinasi wisata surfing kelas dunia," ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata di Jakarta.

Menpar menjelaskan, tidak kurang dari 70 spot surfing tersebar di Mentawai. Di antaranya Katiet spot Lance's Right yang menjadi tempat lokasi kompetisi. Ini merupakan titik paling favorit bagi para peselancar profesional dunia yang datang setiap tahun ke Mentawai.

Kepulauan Mentawai sendiri sejatinya telah lama menjadi destinasi favorit para peselancar. Ada dua dari 10 tempat yang memiliki ombak terbaik dunia, dan salah satunya dijadikan area kompetisi surfing pada festival ini.

"Mentawai mempunyai banyak prestasi dunia, seperti memiliki dua dari sepuluh ombak terbaik dunia, kebudayaan tato tertua di dunia, dinobatkan sebagai kawasan pantai konservasi dunia sejak 1980, dan masih banyak lagi," ujar Arief.

Selain kompetisi surfing internasional, kegiatan FPM 2016 akan diramaikan dengan festival seni budata masyarakat Mentawai. Beberapa event bahari lainnya juga disiapkan, seperti jelajah panorama pesona hutan bakau (mangrove tour), prosesi pelepasan anak penyu (tukik), serta penanaman terumbu karang.

Berita Terkait

Indonesia Pede Pamerkan ‘Surga’ Bawah Laut di Tokyo Indonesia Pede Pamerkan ‘Surga’ Bawah Laut di Tokyo
Festival Pesona Mentawai Dongkrak Kunjungan Wisatawan Festival Pesona Mentawai Dongkrak Kunjungan Wisatawan
Wisata Alam Indonesia yang Aman dan Mengasyikkan Wisata Alam Indonesia yang Aman dan Mengasyikkan

#mentawai #festival mentawai #wisata mentawai #Menteri Pariwisata #Pariwisata #wisata bawah laut

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar