Duel Vietnam vs Indonesia Akan Dipimpin Wasit Kontroversial

Pemain Timnas Indonesia melakukan tendangan salto untuk mengumpan bola, di antara kawalan dua pemain Vietnam. Pertandingan semifinal leg pertama yang berlangsung di stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor itu, berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk keunggulan Indonesia. (Foto: twitter.com/@affsuzukicup)

Arah -  Tim Nasional Indonesia akan menjalani laga krusial kala bertandang ke markas Vietnam, pada semifinal AFF Suzuki Cup 2016, di stadion My Dinh National Stadium, Hanoi, Rabu (7/12).
Pada leg pertama, tim besutan Alfred Riedl mengantongi kemenangan 2-1 lewat gol Hansamu Yama dan Boaz Solossa. Namun kemenangan itu belum aman, karena Vietnam berhasil menciptakan gol tandang melalui sepakan penalti Nguyen Van Quyet.

Pada laga leg kedua nanti akan dipimpin oleh wasit kontroversial asal Tiongkok Fu Ming. Wasit berusia 33 tahun ini merupakan andalan di China Super League (CSL) dan kerap mendapat penugasan dari AFC untuk memimpin laga internasional.

Menariknya, wasit termuda berlisensi FIFA yang dimiliki Tiongkok ini pernah memantik kontroversi kala memimpin laga Arab Saudi kontra Thailand di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018, 1 September 2016 lalu. Saat itu Thailand merasa seharusnya mendapat hadiah penalti kala Teerasil Dhangda dijatuhkan di area terlarang, namun Fu Ming tidak merespon. Ia malah memberikan hadiah penalti kepada Arab Saudi secara kontroversial 10 menit jelang laga usai, dan membuat Arab Saudi memenangi laga dengan skor 1-0. Akibat kejadian ini, tim arahan Kiatisuk Senamuang sampai mengajukan nota protes resmi kepada FIFA terkait kepemimpinan wasit.

Baca Juga:

Inilah Kisah Riedl Bersama Vietnam

Jelang Vietnam vs Indonesia, Siapa Unggul Rekor Pertemuan?

Selain itu, Fu Ming juga pernah menjadi pengadil bagi salah satu klub Indonesia, Persib Bandung saat berlaga di ajang Piala AFC 2015 kontra klub asal Maladewa, New Radiant, yang dimenangi 'Maung Bandung' dengan skor 4-1.

Sementara untuk asisten wasit, AFF menunjuk rekan senegara Fu Ming, yaitu Ma Ji dan Cao Yi. Wasit cadangan juga berasal dari Tiongkok, yaitu Wang Di. Mereka akan bertugas dalam pertandingan Vietnam vs Indonesia di Stadion My Dinh, Rabu 7 Desember 2016.

Berita Terkait:
PSSI: Riedl Bawa Tim dengan Formasi Terbaik
Jelang Laga Lawan Singapura, Andik: Pertahanannya Terbaik
Tiket Offline Semifinal AFF Ludes Dalam Waktu 2 Jam.
Sundulan, 'Senjata' Gol Indonesia Di Piala AFF 2016
Gol Lilipaly Antar Indonesia ke Semifinal Piala AFF
Foto: Latihan Perdana Timnas Indonesia Di Vietnam
FOTO: Thailand Masih Perkasa di Hadapan Tim Garuda

Berita Terkait

PSSI: Riedl Bawa Tim dengan Formasi Terbaik PSSI: Riedl Bawa Tim dengan Formasi Terbaik
Jelang Laga Lawan Singapura, Andik: Pertahanannya Terbaik Jelang Laga Lawan Singapura, Andik: Pertahanannya Terbaik
Tiket Offline Semifinal AFF Ludes Dalam Waktu 2 Jam. Tiket Offline Semifinal AFF Ludes Dalam Waktu 2 Jam.

#Timnas Vietnam #Timnas Indonesia #Piala AFF 2016 #Piala AFF #AFF Suzuki Cup

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar