Komodo dan Labuan Bajo, Ikon Pariwisata Flores

binatang purba komodo/Foter/ Bryn Pinzgauer

Arah -  Nama hewan Komodo dan Labuah Bajo sudah cukup dikenal dunia. Mamalia langka yang oleh warga Flores sering disebut "buaya darat" itu pernah masuk nominasi Seven Wonder World dan sukses merebut perhatian publik. Kini, Labuan Bajo masuk dalam program percepatan 10 top destinasi Kemenpar.

Langkah awal, tim Pokja 10 Top Destinasi yang diketuai Hiramsyah Sambudhy Thaib itu adalah menggelar FGD (Focus Group Discussion) yang menghadirkan pemangku kepentingan dan stakeholder setempat. Shana Fatina, anggota tim 10 Top Destinasi itu mengoordinasi FGD, 5 April lalu di Sebayur Room, Luwansa Hotel, Labuhan Bajo.

Targetnya, menyatukan rencana pengelolaan ekowisata Flores. "Menajamkan komitmen Pemda, Taman Nasional, dan stakeholer untuk mendukung pembentukan single management, single destination, dalam mengelola destinasi wisata Flores. Lalu, pembentukan tim percepatan daerah," jelas Shana Fatina.

Dalam kata sambutannya, Drs. Yoseph Tote, M.Si, Bupati Manggarai Timur meyakinkan bahwa sektor wisata harus digenjot agar menaikkan pertumbuhan ekonomi lokal. "Labuan Bajo sebagai pusat pengembangan destinasi Flores diharapkan dapat menghidupkan industri lokal dengan segera," ucap Bupati Tote.

Tote juga menyebutkan, pariwisata Flores memiliki nuansa dan prinsip eko, melestarikan lingkungan.

Sementara itu, Frans Teguh, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar mengungkapkan, pihaknya berkewajiban membangun ekosistem dan ekowisata Flores yang berkelanjutan.

"Atraksi pariwisata Flores itu sudah berkelas dunia, tapi Aksesibilitas dan Amenitas masih kelas lokal. Itulah yang akan kita carikan solusinya," ungkap Frans.

Berita Terkait

Begini Siasat Menpar Pikat Penyelam Dunia ke Nusantara Begini Siasat Menpar Pikat Penyelam Dunia ke Nusantara
Gwyneth Paltrow Terpesona 'Wonderful Indonesia' Gwyneth Paltrow Terpesona 'Wonderful Indonesia'
Indonesia Pede Pamerkan ‘Surga’ Bawah Laut di Tokyo Indonesia Pede Pamerkan ‘Surga’ Bawah Laut di Tokyo

#komodo #Pulau Komodo #labuan bajo #wisata alam #tempat wisata #Pariwisata #Menteri Pariwisata

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar