Survei SMRC: Publik Percaya Aksi 411 Ditungganggi, Tapi .....

Saiful Mujani, pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). (Foto: saifulmujani.com)

Arah -  Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait demo 4 November 2016 lalu. Salah satu pertanyaan dalam survei tersebut, mengungkap perspesi publik bahwa aksi Bela Islam Jilid II itu ditunggangi.

"Kami menanyakan, percaya atau tidak bahwa demonstrasi 4 November ditunggangi pihak-pihak yang punya kepentingan politik dalam pilkada DKI," kata Saiful saat merilis hasil survei lembaganya, di Jakarta, Kamis (8/12).

“Hasilnya, 40,7% masyarakat percaya aksi itu ditunggangi. 23,4% menjawab tidak percaya sementara 35,9% menjawab tidak tahu," jelasnya.

Meski mayoritas responden meyakini aksi ditunggangi, namun pertanyaan lain dari survei ini mengungkap fakta yang menarik. Yaitu bahwa mayoritas publik menilai, pernyataan Ahok soal surat Al Maidah 51 itu menista agama.

Baca Juga:
Survei: Meski Dipuji Warga DKI, Ahok Tak Dipilih
Unggul di Hasil Survei LSI, ini Kata Anies Baswedan
Jelang Sidang Ahok, Kepolisian Tak Larang Masyarakat Unjuk Rasa

“Atas pertanyaan setuju/tidak setuju ucapan Ahok tentang Al-Maidah menista/menghina? 45,2% setuju, 21.5% tidak setuju, 33,3% tidak tahu,” jelas Saiful.

Mayoritas warga (79%) juga mengaku mengetahui adanya aksi 411 tersebut. Dan dari mereka yang tahu itu, 42,9% mendukung, hanya 16,4% menentang, sedangkan 37,7% netral.

Survei dengan tema 'Protes Massa dan Kepemimpinan Nasional, Sebuah Evaluasi Politik' ini, dilakukan pada 22-28 November 2016. Adapun jumlah responden sebanyak 1.220 orang, dengan metodologi survei berupa wawancara tatap muka. Margin of error survei ini sebesar 3,1%, dengan tingkat kepercayaan sebesar 98%.

Ingin update berita politik terbaru, tetap di arah.com

Berita Terkait:
HMI Ancam Demo Lagi Jika Gelar Perkara Tak Penuhi Rasa Keadilan
Aksi Umat Islam 25 November Batal, 411 Berlanjut jadi 212
Polri Gelar Perkaranya, BasukiGameOver jadi Trending
Viral! Bukti Video Terdengar Bunyi Tembakan Sebelum Ricuh
Buni Yani akan Diperiksa Polda Metro Jaya

Berita Terkait

Aksi Umat Islam 25 November Batal,  411 Berlanjut jadi 212 Aksi Umat Islam 25 November Batal, 411 Berlanjut jadi 212
HMI Ancam Demo Lagi Jika Gelar Perkara Tak Penuhi Rasa Keadilan HMI Ancam Demo Lagi Jika Gelar Perkara Tak Penuhi Rasa Keadilan
Kepolisian akan Meladeni Ahok Jika Lakukan Praperadilan Kepolisian akan Meladeni Ahok Jika Lakukan Praperadilan

#survei #Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) #Ahok Tanggapi Demo 411 #411 #Makar #Al Maidah 51 #Penistaan Agama

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar