WikiLeaks: 'Panama Papers', Akal-akalan AS untuk Serang Putin

Julian Assange, pendiri sekaligus pemimpin redaksi WikiLeaks. (Foter/New Media Days)

Arah - Lama tak terdengar, kabar mengejutkan datang dari WikiLeaks—media massa internasional besutan Julian Assange yang pernah membocorkan rahasia dokumen perang Afghanistan pada tahun 2010 silam.

Ya, WikiLeaks baru-baru ini mengeluarkan komentar soal isu yang tengah marak di kalangan pengusaha global: Panama Papers.

Dalam situsnya, WikiLeaks mengungkapkan bahwa data bocor yang disebut Panama Papers itu diduga skema keuangan lepas pantai yang disponsori oleh Amerika Serikat.

Menurut WikiLeaks, meski melebar hingga ke Afrika, Latin, dan bahkan Indonesia, kebocoran informasi itu merupakan serangan informasi yang mengarah pada Rusia, khususnya sang Presiden Vladimir Putin.

Skandal bocornya informasi penting dari firma hukum Panama Mossack Fonseca, papar WikiLeaks melalui Twitter, diorkestrasi oleh Projek Pelaporan Korupsi dan Kejahatan Organisasi AS (OCCRP).

Tak cuma itu, WikiLeaks juga mengatakan bahwa yang disebut Panama Papers tersebut didanai oleh Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) bersama yayasan milik George Soros, Open Society Foundation.

WikiLeaks pun menelusuri sumber bocoran informasi itu yang ternyata didanai langsung dari Washington. Fakta ini jelas akan merusak integritas pemerintah AS.

"OCCRP AS telah melakukan pekerjaan dengan baik, tapi pemerintah AS yang memanfaatkan #PanamaPapers untuk menyerang Putin benar-benar merusak integritas," tulis WikiLeaks.

Sebagaimana diketahui, "Panama Papers" mengungkap hasil investigasi berupa dokumen skandal penggelapan uang sejumlah tokoh dunia. Terdiri dari 11,5 juta dokumen, skandal ini melibatkan orang terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin hingga pesepak bola dunia Lionel Messi.

Bahkan, mengutip laman Panama Papers milik International Consortium of Investiage Journalists (ICIJ), kejadian yang terjadi sejak tahun 2007 ini juga melibatkan 3.500 investor Indonesia dengan nilai kerugian ditaksir 150 juta dolar AS (setara Rp1,97 triliun).

Berita Terkait

6 Sosok Wanita Cantik Tersangkut Skandal ‘Panama Papers’ 6 Sosok Wanita Cantik Tersangkut Skandal ‘Panama Papers’
Tiongkok Kecam Pengungkapan Dokumen 'Panama Papers' Tiongkok Kecam Pengungkapan Dokumen 'Panama Papers'
Sejumlah Negara Selidiki Tokoh dalam 'Panama Papers' Sejumlah Negara Selidiki Tokoh dalam 'Panama Papers'

#Naskah Panama #Panama Papers #Vladimir Putin #Rusia #Amerika Serikat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar