Jelang Libur Tahun Baru, Menhub Minta Harga Tiket Pesawat Stabil

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Command Center Lantai 27, Kementerian Perhubungan, Minggu (25/12). (Foto: Arah.com/ Helmi Shemi)

Arah - Menteri Pehubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pejabat eselon satu Kementrian Perhubungan untuk berkoordinasi mengenai kelengkapan transportasi selama libur natal dan tahun baru 2017.

Budi berpesan dan berkoordinasi dengan operator bandara agar harga tiket pesawat tetap dalam batas wajar dan tidak mengalami kenaikan pada masa libur akhir tahun ini.

"Oleh karenanya kami melakukan suatu koordinasi dengan para operator bandara untuk memperhatikan jangan sewenang-wenang dalam melakukan kenaikan harga tiket pada batas tertinggi, mengingat kemampuan masyarakat itu terbatas," ujarnya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (25/12).

Ia menambahkan, hingga saat ini belum ada maskapai yang ditindak tegas karena menaikan harga tiket. Budi memastikan hingga saat ini tarif penerbangan masih pada tingakt normal. "Kalau kenaikan tarif baru indikasi. Tadi saya cek di beberapa bandara ternyata mereka sampaikan tarif masih dalam batas normal," imbuhnya.

Baca Juga:

Libur Akhir Pekan, Sandiaga Uno Ikutan Jakarta Berlari

Manfaatkan Libur, Warga Berdatangan ke Monas

Selain mengimbau, dirinya juga meminta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk penambahan slot dalam penerbangan dari berbagai jurusan sehingga ada kesimbangan antara permintaan dan kesediaan tempat duduk. "Kita juga minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk mengeluarkan slot baru kepada airline sehingga ada tambahan slot dari berbagai jurusan sehingga supply itu akan berimbang dengan demand," sebutnya.

Budi menjelaskan bahwa untuk transportasi udara terdapat kenaikan dari segi permintaan hingga 15 persen. Menurutnya hal itu mencerminkan adanya peningkatan daya beli masyarakat sekaligus pertanda baik untuk segi pariwisata. Hal itu juga disebutnya sebagai evaluasi bagi Kementrian Perhubungan untuk terus meningkatkan layanan di bandara.

"Saya secara khusus menyampaikan pesan-pesan kepada teman-teman di daerah bahawsanya di perhubungan udara, kapal terbang ada kenaikan yang lumayan baik, kurang lebih 4 hingga 9 persen, bahkan di bandara tertentu itu lebih dari 15 persen. Tapi sisi lain kami melihat ada satu keharusan kami harus improve diri dari pelayanan bandara atau airline," jelasnya.

Pada kesempatan kali ini Menhub Budi Karya memantau kesiapan serta kelancaran pelaksanaan angkutan  Natal dan Tahun Baru di seluruh Indonesia melalui Commmad Center di lantai 27 Kementerian Perhubungan. Ia terlihat hadir sekitar pukul 11.55 WIB. Beberapa wilayah yang sempat dipantaunya yakni Tanjung Mas, Ambon, Lombok, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Banjarmasin, Manado, Biak dan Surakarta. (Helmi Shemi)

Selalu update berita terkini hanya di arah.com

Berita Terkait:
Menpar–Menhub Matangkan Konsolidasi Akses Pariwisata
Manfaatkan Libur, Warga Berdatangan ke Monas
Rencananya Jokowi akan Melewati Malam Tahun Baru di Tempat Ini
Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini yang Diantisipasi Polri
Empat Bandara di Jabar Siap Dibangun Kembangkan Potensi Wilayah

Berita Terkait

Atasi Penumpukan Arus Balik 1 Januari, Ini Imbauan Menhub Atasi Penumpukan Arus Balik 1 Januari, Ini Imbauan Menhub
Kecelakaan Maut di Puncak, Menhub Layangkan Peringatan Keras Kecelakaan Maut di Puncak, Menhub Layangkan Peringatan Keras
Menhub Berencana Tinjau Proyek MRT Dukuh Atas Menhub Berencana Tinjau Proyek MRT Dukuh Atas

#libur tahun baru #Harga Tiket Pesawat #Menteri Perhubungan #Budi Karya Sumadi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar