Inspektorat Jenderal Kemenhub Selamatkan Rp1,08 Triliun

Irjen Cris Kuntadi. (Instagram/itjenkemenhub_151)

Arah - Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan menyelamatkan Rp1,08 triliun dari total alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2016 untuk Kementerian Perhubungan sebesar Rp48,52 triliun.

Inspektur Jenderal Kemenhub Cris Kuntadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan Kemenhub telah melakukan pengkajian ulang anggaran 2016 sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan No. 50 Tahun 2015 terhadap Harga Perkiraan Sendiri (HPS) kegiatan investasi berupa belanja modal/barang yang nilainya per paket kegiatan di atas Rp10 miliar sebelum dilakukan pelelangan.

"HPS yang telah ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) wajib direview terlebih dahulu oleh Inspektorat Jenderal," katanya seperti dikutip Antara.

Cris menjelaskan pengkajian HPS dilakukan untuk memastikan penyusunan HPS yang dilakukan PPK telah dilaksanakan sesuai ketentuan, standar, rencana atau norma yang telah ditetapkan sehingga diperoleh kewajaran harga.

Baca Juga:

Ini Kesaksian Habib Novel di Sidang Ahok

Lebih lanjut, dia menuturkan dari hasil Review HPS Itjen Kemenhub terhadap anggaran tahun 2016 atas belanja modal/barang yang nilainya per paket kegiatan di atas Rp10 miliar, sumbangsih Inspektorat Jenderal terhadap total penghematan tersebut yaitu sebesar Rp1,08 triliun atau sekitar 7,75 persen dari total anggaran Rp14 triliun yang dikaji ulang HPS-nya.

Dia menyebutkan penghematan diperoleh dari seluruh unit kerja eselon I Kemenhub yaitu dari Sekretariat Jenderal Rp16,50 miliar, Ditjen Perhubungan Darat Rp10,16 miliar, Ditjen Perhubungan Udara Rp107,24 miliar, Ditjen Perhubungan Laut Rp.313,95 miliar, Ditjen Perkeretaapian Rp552,73 miliar, Badan Pengembangan SDM Perhubungan Rp72,96 miliar, Badan litbang Perhubungan Rp11,70 miliar.

"Dengan adanya penghematan dari review HPS sebesar Rp1.08 triliun tersebut dapat dipastikan tidak mengganggu program prioritas tahun 2016," kata Cris.

Berita Terkait:
Kemenhub akan Periksa Seluruh Kapal Penyebrangan di Muara Angke
Mobil Pribadi Melonjak Tajam Saat Mudik,Jonan Akui Salah Prediksi
Tiga Skenario Kemenhub Atasi Kemacetan Tol
Kemenhub Berangkatkan 15.265 Orang Lewat 'Mudik Gratis'
Rekor! Jumlah Pemudik Udara Capai 4,6 Juta Orang

Berita Terkait

Kemenhub akan Periksa Seluruh Kapal Penyebrangan di Muara Angke Kemenhub akan Periksa Seluruh Kapal Penyebrangan di Muara Angke
Mobil Pribadi Melonjak Tajam Saat Mudik,Jonan Akui Salah Prediksi Mobil Pribadi Melonjak Tajam Saat Mudik,Jonan Akui Salah Prediksi
Tiga Skenario Kemenhub Atasi Kemacetan Tol Tiga Skenario Kemenhub Atasi Kemacetan Tol

#Dana APBN #penghematan anggaran #Kemenhub

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar