PKB Minta Pelatihan Bela Negara Tidak Disusupi Giat Militer

TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: instagram.com/ @dpp_fpi)

Arah - Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding menilai materi dalam program Bela Negara meminta pendidikan bela negara harus jauh dari pelatihan militer.

Dia mengatakan idealnya Diklat bela negara 80 persen materinya sejarah perjuangan, konstitusi, persatuan, dan resolusi konflik dan sisanya terkait penguatan disiplin dengan baris berbaris serta upacara.

"Syaratnya Diklat bela negara lebih menekankan kepada memahami Pancasila, kebhinekaan, dan pemahaman agama yang rahmatan lil'alamin. Untuk itu, kesan militeristik pelatihan bela negara dengan berbagai atributnya harus diminimalkan," kata Karding di Jakarta, Rabu (11/1).

Baca Juga:

Anies: Rawat Jakarta Ibarat Rawat Mobil Antik

Gara-gara Instagram, Sagna Terancam Hukuman FA

Agus: Kalau Salah Pilih, Sengsaranya 5 Tahun

Menurut dia, untuk mengembangkan semangat persatuan, pelaksanaan Diklat seharusnya dilakukan dengan peserta yang beragam, tidak oleh satu kelompok ormas saja.

"Pelatihan bela negara terhadap FPI oleh TNI sebagai hal yang tidak perlu direaksi berlebihan karena bisa jadi materi cinta Tanah Air, toleransi dan disiplin yang disampaikan pada pelatihan, mengubah kelompok yang anti kemajemukan menjadi toleran," ujarnya.

Karena itu Karding menyarankan walau program bela negara gagasan awal disodorkan oleh Kementeriaan Pertahanan, dalam pelaksanaannya karena terkait dengan masyarakat sipil, pelaksanaan pendidikan dan pelatihannya, seharusnya dilakukan oleh kementerian yang berkaitan dengan pendidikan atau pemuda.

Kalau perlu, menurut dia, apabila serius maka program itu bisa lebih diarahkan untuk mengembangkan kepolisian masyarakat, dengan melibatkan warga dalam menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing. 

Berita politik terkini dan terupdate hanya di arah.com

Berita Terkait:Gelar Latihan Bela Negara, Dandim Lebak Malah Dicopot
Empat Partai Gelar Rapat di Cikeas, Ke Mana PPP?
Jika PKB-PDIP Gabung, Siapapun Calonnya Pasti Menang
PDIP Tak Tergesa-gesa Tentukan Nama Cagub DKI
Sekjen PKB Tak Tahu Soal Pemberian Parsel

Tag : #Wajib Bela Negara #wajib militer #Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Berita Terkait

Mendagri Wacanakan Lulusan IPDN Ikut Wajib Militer Mendagri Wacanakan Lulusan IPDN Ikut Wajib Militer
Ini Kata Muhaimin Iskandar Soal Pembubaran Ormas HTI Ini Kata Muhaimin Iskandar Soal Pembubaran Ormas HTI
Ryamizard: Bela Negara Nggak Harus Pikul Senjata Ryamizard: Bela Negara Nggak Harus Pikul Senjata

#Wajib Bela Negara #wajib militer #Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar