Bomber Ajax yang 'Diincar' Timnas Indonesia Belum Resmi Jadi WNI

Ezra Walian saat membela Ajax Amsterdam. (Foto: @ezrawalian)

Arah - Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto mengatakan, pemain muda Ajax Amsterdam Ezra Walian belum menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan sampai kini masih menjadi warga Belanda.

Ini disampaikan Gatot terkait adanya kabar yang tersiar melalui daring bahwa Ezra kini resmi menjadi penduduk Indonesia.

"Begitu mendengar kabar Ezra jadi WNI saya langsung menghubungi pihak Istana Presiden. Intinya sampai sekarang permohonan Ezra masih ada di meja Presiden Joko Widodo dan belum tuntas prosesnya," kata Gatot di Kompleks Kemenpora, Jakarta, Jumat (13/1).

Menurut dia, kepastian Ezra menjadi warga Indonesia harus melewati beberapa rantai birokrasi. Setelah permintaan diajukan PSSI ke Menpora Imam Nahrawi, permohonan dilanjutkan ke Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang lalu meneruskan ke Presiden Joko Widodo.

Sebelum menandatangani kepastiannya, Presiden pun harus mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terlebih dahulu.

"Saat ini masih di Presiden, belum turun ke DPR," ucap Gatot, seperti dikutip Antara.

Baca juga:

PSSI Serius Naturalisasi Striker Ajax Amsterdam

Striker AjaxAmsterdam Ingin Bela Timnas Indonesia

Ezra Walian merupakan penyerang yang kini bermain untuk Ajax Amsterdam U-21 di Liga Belanda kasta kedua, Eerste Divisie. Pemuda berusia 19 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glenn Walian yang berasal dari Manado. Ibunya adalah warga negara Belanda.

Karier Ezra di Belanda bisa dikatakan cemerlang. Dia sudah pernah membela tim nasional Belanda di empat kelompok umur yaitu U-15, U-16, U-17 dan U-18.

Pada tahun 2013, dia mencuri perhatian setelah mencetak lima gol untuk tim Belanda U-17 ketika berlaga di Kualifikasi Piala Eropa U-17 melawan San Marino dan membantu kemenangan timnya dengan skor 12-0.

Ketika kembali ke Indonesia untuk sejenak pulang kampung pada akhir tahun 2016, dia menyatakan keinginannya untuk bisa menjadi bagian tim nasional Indonesia. PSSI pun menyambut baik hal ini dan langsung mengajukan permohonan naturalisasi kepada pemerintah.

Berita Terkait:Striker Ajax Amsterdam Ingin Bela Timnas Indonesia
PSSI Serius Naturalisasi Striker Ajax Amsterdam
Percepat Penyembuhan Cedera, Andik Vermansyah Jalani Operasi
Puluhan Ribu Suporter Timnas 'Merahkan' Stadion Pakansari
Persiapan Leg Kedua, Hari Ini Timnas Langsung Bertolak ke Vietnam
Foto: Latihan Perdana Timnas Indonesia Di Vietnam
FOTO: Thailand Masih Perkasa di Hadapan Tim Garuda

Tags : #Ajax Amsterdam #Indo Ajax #Timnas Indonesia #Pemain Naturalisasi

Berita Terkait

Striker Ajax Amsterdam Ingin Bela Timnas Indonesia Striker Ajax Amsterdam Ingin Bela Timnas Indonesia
PSSI Serius Naturalisasi Striker Ajax Amsterdam PSSI Serius Naturalisasi Striker Ajax Amsterdam
Percepat Penyembuhan Cedera, Andik Vermansyah Jalani Operasi Percepat Penyembuhan Cedera, Andik Vermansyah Jalani Operasi

#Indo Ajax #Ajax Amsterdam #Timnas Indonesia #Pemain Naturalisasi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar