Main Suap Selama 25 Tahun, Rolls Royce Dihukum Rp11 Triliun

Industri manufaktur terkemuka Inggris, Rolls Royce. (Foto: reuters.com)

Arah -  Praktik suap yang dilakukan produsen mesin jet asal Inggris Rolls Royce, telah membuka jalan bagi KPK menguak praktik kotor itu di Indonesia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar, serta Soetikno Soedarjo sebagai tersangka, Kamis (19/1).

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif mengatakan, Emir diduga menerima suap berupa uang senilai Rp20 miliar dan barang senilai 2 juta dolar AS. Sedangkan Soetikno merupakan pemberi suapnya. “Tindakan itu dilakukan sebagai imbalan pembelian pesawat Airbus dan mesin jet Rolls Royce sepanjang 2005-2012,” katanya di kantor KPK.

Baca Juga:

Kasus Suap Rolls Royce ke Emirsyah Diselidiki Sejak 2012

Alat Perang Buatan Indonesia yang Laris di Luar Negeri

Ini Ciri Wajah Orang Sukses yang Harus Kamu Tahu

Perkara suap yang dilakukan Rolls Royce ini, juga sudah disidik Lembaga Antikorupsi di Inggris, Serious Fraud Office (SFO) sejak lama. Dikutip dari BBC, produsen mesin jet kedua terbesar di dunia (selain Pratt and Whitney dan General Electric dari Amerika Serikat) itu telah ‘main kotor’ setidaknya dalam 25 tahun terakhir.

Atas kasusnya tersebut, Rolls Royce harus membayar denda sebesar 671 juta Poundsterling atau sekitar Rp11 triliun. Seperti dilansir melalui siaran pers perusahaan, denda itu masing-masing harus dibayarkan ke otoritas Inggris (Rp8,1 triliun), ke Kementerian Kehakiman AS (Rp2,2 triliun), dan ke otoritas di Brasil (Rp346 miliar).

Putusan tersebut, disepakati Rolls Royce dan pengadilan Inggris pada Selasa (17/1). Undang-undang Inggris yang mengatur SFO, membolehkan penangguhan tuntutan terhadap pelaku korupsi dan suap, jika pelakunya mengakui kejahatan dan bersedia membayar denda.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait:Jadi Tersangka, ini Bentuk Suap yang Diterima Emirsyah Satar
Selain Emirsyah, KPK Tetapkan Seorang Pebisnis Jadi Tersangka
Kasus Suap Rolls Royce ke Emirsyah Diselidiki Sejak 2012
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam
Garuda Indonesia Pesan 14 Armada Airbus A330-900neo
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah
Tersangka Operasi Tangkap Tangan KPK
Ketika Penyidik Harus Diselidik
FOTO: Operasi Tangkap Tangan KPK

#Airbus #Jakarta #kpk #Inggris #Kasus Suap #Garuda Indonesia #Emirsyah Satar #Rolls Royce

Berita Terkait

Jadi Tersangka, ini Bentuk Suap yang Diterima Emirsyah Satar Jadi Tersangka, ini Bentuk Suap yang Diterima Emirsyah Satar
Selain Emirsyah, KPK Tetapkan Seorang Pebisnis Jadi Tersangka Selain Emirsyah, KPK Tetapkan Seorang Pebisnis Jadi Tersangka
Kasus Suap Rolls Royce ke Emirsyah Diselidiki Sejak 2012 Kasus Suap Rolls Royce ke Emirsyah Diselidiki Sejak 2012

#Jakarta #Rolls Royce #Emirsyah Satar #Garuda Indonesia #Kasus Suap #Inggris #Airbus #kpk

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar