KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis

Ilustrasi bahaya mengintai jurnalis.(Foto: foter.com)

Arah - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis menekankan KPI mendukung perlindungan jurnalis dalam menjalankan tugasnya karena merupakan garda depan dalam ruang edukasi publik.

"KPI mendukung perlindungan jurnalis dalam menjalankan tugasnya. Kegiatan jurnalistik dan penyiaran itu tidak dapat dipisahkan karena berjalan beriringan serta saling beririsan," kata Yuliandre dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/1).

Dalam simposium Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) bertemakan "Stop Impunitas Pelaku Kekerasan terhadap Jurnalis" di Jakarta, Yuliandre menekankan agar semua pihak yang terkait langsung maupun tidak dengan para jurnalis pun harus saling mendukung dan menguatkan. Hal ini sangat penting agar jurnalis bisa menjalankan tugasnya dengan rasa aman dan tanpa tekanan.

Baca Juga:Mencengangkan! Foto ini Jelaskan Beda Inagurasi Obama dan Trump
Doakan Trump, Imam Besar Ini Pancing Kemarahan Umat Muslim

Selain itu, KPI juga mendorong peningkatan kesejahteraan jurnalis, khususnya di lembaga penyiaran, sangat penting karena akan menguatkan idealisme ketika tugas di lapangan.

Adanya peningkatan kesejahteraan jurnalis, kata Yuliandre, juga menjadi catatan bagi KPI dalam evaluasi tahunan terhadap lembaga penyiaran. "Kami sangat mendukung peningkatan kesejahteraan ini," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa jurnalis harus bisa menjadi penyeimbang informasi yang diterima masyarakat, terlebih dalam kondisi saat ini yang banyak beredar berita bohong atau "hoax".

Ketua IJTI Yadi Hendriyana juga sependapat dengan mengatakan bahwa publikasi pemberitaan atau informasi yang dilakukan oleh jurnalis tidak sekadar menyampaikan fakta, tetapi juga bagaimana berita harus dilihat dari dampak setelahnya. "Oleh karena itu, mari kita sisipkan sisi-sisi positif dari produk jurnalistik tersebut," katanya.

Tetap pantau berita politik terbaruhanya di arah.com

Berita Terkait:Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang
Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies?
Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir
Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir
SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

#Jakarta #Kekerasan Terhadap Jurnalis #Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

Berita Terkait

Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor

#Jakarta #Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) #Kekerasan Terhadap Jurnalis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar