Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Arah - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon setuju dengan wacana penambahan jumlah anggota parlemen menjadi 570 dari sebelumnya berjumlah 560 orang.

"Saya kira masuk akal karena penambahan itu juga sejalan dengan representasi jumlah penduduk. Menurut saya wajar menjadi 570 bahkan 580 karena menyesuaikan dengan penambahan jumlah penduduk," katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (23/1) seperti dikutip Antara.

Fadli menilai, bertambahnya jumlah anggota dewan tidak akan membebani anggaran karena persentase anggaran DPR RI hanya 0,02 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga:Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
Ikuti Kejuaraan Panahan, Presiden Jokowi Dapat Skor Memuaskan


"Kalau dilihat dari negara mengalokasikan anggaran untuk DPR, itu sekitar di bawah Rp5 triliun. APBN itu Rp2.000-an triliun, jadi hanya 0,02 persen, terlalu kecil, kalau dilihat dari persentase parlemen di Amerika atau Eropa," katanya.

Lebih lanjut Fadli mengatakan, bertambahnya jumlah anggota parlemen tidak akan berpengaruh signifikan terhadap DPR RI mengingat penambahannya tidak besar. "Penambahan itu tidak akan berdampak terlalu signifikan mengingat penambahannya juga tidak terlalu banyak. Menambah 10 atau 20 orang, itu menurut saya kecil," kata dia.

Jumlah kursi anggota DPR pada Pemilu 2009 dan Pemilu 2014 adalah 560 kursi, atau naik dari Pemilu 2004 sejumlah 550 kursi. Dalam pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu 2019 mencuat lagi wacana penambahan kursi menjadi 570.

Tetap pantau berita politikhanya di arah.com

Berita Terkait:Belum Terima Draft UU Pemilu, Fadli: Nanti Jangan Salahkan DPR!
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
Lecehkan Bendera Negara, FPI Harus Rasakan Proses Hukum
Kata Fadli Zon Soal Wacana Penambahan Jumlah Anggota DPR
Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

#DPR RI #Jakarta #Pimpinan DPR RI #Anggota DPR RI

Berita Terkait

Wacana Hak Angket EKTP Menguat, Fahri Yakin Jokowi akan Dukung Wacana Hak Angket EKTP Menguat, Fahri Yakin Jokowi akan Dukung
DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan
Belum Terima Draft UU Pemilu, Fadli: Nanti Jangan Salahkan DPR! Belum Terima Draft UU Pemilu, Fadli: Nanti Jangan Salahkan DPR!

#Jakarta #Anggota DPR RI #Pimpinan DPR RI #DPR RI #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar