Helion, Balon Udara 'Project Loon' Ala Mahasiswa ITB

Balon Udara Helion buatan Mahasiswa ITB. Serupa dengan Project Loon milik Google, balon ini akan menyebarkan akses Internet Wi-Fi dari angkasa. (Mastel.id)

Arah -  Google boleh berbangga punya Project Loon—balon udara yang mengudara sampai 18 kilometer untuk menyebar akses Internet berupa Wi-Fi hingga ke pelosok yang belum terjangkau oleh infrastruktur telekomunikasi. Uji cobanya akan digelar di Indonesia pada awal tahun ini.

Tak mau kehilangan muka, Helion, balon Wi-Fi buatan anak bangsa juga mengggelar uji coba pada awal Februari 2016, tepatnya Jumat, 12 Februari.

Berbentuk kubus layaknya balon untuk komersial, Helion dibuat oleh sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menamai startupnya Insitek.

Meski belum sekaliber Project Loon, Helion mampu terbang di ketinggian maksimal 50 meter. Dengan ketinggian tersebut, secara teori, akses Internet yang disebarkan oleh balon Wi-Fi ini diperkirakan mencapai satu hingga empat kilometer persegi.

Atas kehadiran Helion, Kementerian Komunikasi dan Informatika siap mendukung karya anak bangsa ini dengan tetap mengikuti perkembangan inovasi ini ke level internasional.

"Kami ingin menunjukkan dukungan pemerintah terhadap karya anak bangsa dengan tetap mengikuti perkembangan di level internasional," ucap Menkominfo Rudiantara, seperti dikutip situs Diskominfo Jabar.

Berita Terkait

Wow! Teknologi Ini 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi Wow! Teknologi Ini 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi
5 Alasan Kiddle Aman untuk Si Kecil 5 Alasan Kiddle Aman untuk Si Kecil
Kiddle.co, 'Google' Khusus untuk Anak Kiddle.co, 'Google' Khusus untuk Anak

#Balon Udara Helion #Google #Project Loon #Internetan #Internet.org

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar