Canggih, Bus Tanpa Sopir Mulai Diujicobakan di Paris

Ilustrasi bus tanpa sopir. (Wikipedia)

Arah - Selain fashion, Paris juga menjadi salah satu kota penuh terobosan dalam hal teknologi dan transportasi ini membuat eksperimen baru dalam hal kendaraan publik. Paris memulai eksperimen bus tanpa sopir dalam upaya merevolusi transportasi menggunakan kendaraan otomatis.

Dua bus elektrik dengan kapasitas penumpang 10 orang, mulai dioperasikan Senin (23/1) lalu. Bus tanpa sopir itu beroperasi di lajur khusus, berupa jembatan yang menghubungkan dua stasiun kereta, di timur pusat kota.

Bus listrik sewa kemudi (otonom) memulai uji coba pertama pengoperasian antara stasiun Austrelitz dan stasiun Lyon di Paris. Berjalan tanpa manusia sebagai supir, kendaraan ini menggunakan kombinasi laser dan kamera guna mendeteksi benda-benda dan orang-orang di sekitar kendaraan.

Eksperimen bus tanpa sopir ini akan berlangsung selama tiga bulan, dan merupakan proyek pertama Paris dalam mengembangkan kendaraan otonom. Meski statusnya masih dalam tahap uji coba, namun keberadaan bus tanpa sopir ini telah menarik perhatian banyak orang.

Baca Juga: Persiapan Uji Coba Kereta Super Cepat Hyperloop
Mahasiswa Ini Temukan Teknologi Mengairi Lahan dengan Ponsel

Rencananya bus tanpa sopir itu akan digunakan untuk menghubungkan area perumahan di pinggiran kota dengan stasiun kereta. Namun hal ini belum dapat terealisasi dengan cepat. Pasalnya, peresmian bus tanpa sopir itu masih harus melewati beberapa tahapan peraturan. Termasuk soal keamanan, keuntungan ekonomi serta etis.

Selain itu beberapa hal lain perlu dipertimbangkan, termasuk masa depan para sopir. Pemerintah juga harus memikirkan pelatihan lain bagi para sopir bus agar mereka punya keahlian lain, sehingga mereka tidak akan begitu saja kehilangan sumber mata pencaharian.

Kendaraan dengan kendali otomatis sudah mulai memasuki dunia modern. Beberapa produsen kendaraan bermotor seperti BMW, Kia, Volkswagen dan General Motors tengah berlomba-lomba menghadirkan mobil tanpa sopir ke pasaran pada 2020.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq
Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok
Duh! Restoran ini Tolak Layani Hijaber
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

#Jakarta #teknologi #Prancis #Paris #Teknologi Canggih #Bus Tanpa Sopir

Berita Terkait

Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri
Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi

#Jakarta #teknologi #Teknologi Canggih #Bus Tanpa Sopir #Prancis #Paris

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar