Masuk Zona Bencana, Biak Intensifkan Mitigasi Bencana

Ilustrasi Tim Tanggap Bencana. (Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Arah - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua, minimalisir dampak bencana dengan intensifkan pelayanan mitigasi bencana untuk masyarakat

"Program mitigasi bencana berupa pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana dilakukan BPBD dengan membentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana di setiap distrik dan kampung," ucap Kepala BPBD Yunus Saflembolo dihubungi di Biak, Selasa (31/1).

Baca Juga: FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
Hindari Bentrok Saat Periksa Rizieq, Ini Strategi Polda Jabar

BPBD sendiri memberikan bantuan pencegahan bencana alam antara lain tim reaksi cepat penanggulangan bencana. Tim reaksi cepat melibatkan masyarakat dan lembaga seperti Basarnas, TNI/Polri, BMKG, Lapan, Dinas Sosial serta dinas teknis di jajaran Pemkab Biak.

"Mitigasi adalah tindakan untuk mengurangi atau meminimalisir dampak dari suatu bencana terhadap masyarakat," jelas Yunus.

Bencana alam atau bencana karena ulah manusia yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan perlahan akan menimbulkan korban, penderitaan manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, kerusakan fasilitas umum serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat setempat.

Biak yang berada di lautan Pasifik masuk dalam kawasan zona bencana alam, sehingga warganya perlu diberi pengetahuan mengenai mitigasi bencana untuk siap siaga yang bisa datang kapan saja.

"Mitigasi bencana program edukasi pengurangan risiko bencana alam yang perlu dipahami semua potensi masyarakat di berbagai distrik dan kampung dalam upaya kesiapsiagaan mengurangi risiko bencana," ujar Kepala BPBD tersebut.

Dari data wilayah pantai utara Pulau Biak, kawasan yang rawan bencana alam antara lain distrik Biak Utara, Andey, yawosi, distrik Warsa hingga disrik Bondifuar yang berada di wilayah lautan Pasifik.

Kawasan zona rawan bencana alam lainnya yang dipetakan BPBD Biak diantaranya yakni wilayah distrik Biak Timur, Oridek, Padaido dan kepulauan Aimando, wilayah kepulauan Numfor serta disrik Biak Barat dan Swandiwe hingga kawasan Biak Kota,yendidori dan Samofa.

Terkait:Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar!
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq
Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
FOTO: Cuaca Murka, Jawa Dilanda Bencana
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

#Badan Penangulangan Bencana Daerah #Jakarta #Papua #Bencana Alam #bencana

Berita Terkait

Inggris Siapkan Beasiswa Untuk Pelajar dan Mahasiswa Papua Inggris Siapkan Beasiswa Untuk Pelajar dan Mahasiswa Papua
Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar! Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar!
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab

#Jakarta #Badan Penangulangan Bencana Daerah #bencana #Bencana Alam #Papua

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar