MUI: Tak Ada Intervensi Dalam Tetapkan Fatwa

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar konfrensi pers guna mengklarifikasi pernyataan Ahok soal tudingan adanya percakapan antara SBY dengan Ma'ruf Amin, Kamis (2/2). (Foto: Arah.com/ Restu Saputra)

Arah - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid menegaskan bahwa tidak ada tekanan atas sikap keagamaan dari Majelis Ulama Indonesia terhadap kasus  dugaan penodaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Itu gak benar, gak benar. Bahwa independensi MUI dalam menetapkan fatwa itu, harus ditekankan harus dijadikan pedoman bagi kami semuanya. Kami tidak ada pihak lakukan penekanan, intervensi dalam menetapkan fatwa," ujar Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid di Kantor MUI, Jalan Proklamasi No.51, Menteng, Jakarta Pusat, (2/2).

Menurutnya, tudingan pengacara Ahok itu merupakan sebuah fitnah yang sangat keji. Dirinya berani menjamin bahwa MUI tidak pernah mendapat intervensi dalam mengeluarkan produk-produknya seperti, fatwa dan sikap keagamaan.

Baca Juga: Dinginkan Situasi, SBY harus Segera Bertemu Presiden Jokowi
Konflik Ma'ruf Amin Vs Ahok, MUI: Sudah Menjadi Masalah Publik

Apabila masyarakat melihat adanya intervensi MUI dalam mengeluarkan sikap keagamaan melaluo fatwa MUI, ia mempersilahkan masyarakat untuk melapor. "Jaminannya bahwa kami tidak pernah ada pihak-pihak yang menekan, dan silahkan dibuktikan di dalam siapapun masyarakat ketika melihat bahwa kami ini di intervensi dalam menetapkan fatwa boleh dalam negara demokrasi boleh diadukan kan begitu," imbuhnya.

Sementara itu apa yang dilakukan oleh tim pengacara Ahok kepada Ketua MUI Ma'ruf Amin tidak mengindahkan nilai etika dan kesantunan kepada ulama. "Maka dari itu, tuduh-tuduhan seperti itu adalah tuduhan yang sangat keji, dan fitnah yang saat luar biasa," pungkasnya. (Restu Saputra)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Agus: Tudingan Ahok ke SBY Adalah Fitnah yang Sangat Keji
MUI Belum Akan Melaporkan Ahok, Tapi...
Ma'ruf Amin: Hanya Teguran Tak Cukup untuk Ahok
KH Ma'ruf Hadiri Sidang Ahok, Begini Kesaksian Pengunjung Sidang
DPR RI: Apa yang Dilakukan Ahok Itu Tindak Pidana UU ITE
FOTO: Nikmatnya Aroma Klasik Kopi Banaran
Parade Budaya Kearifan Lokal di Indonesia Fashion Week 2017
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Jakarta #Majelis Ulama Indonesia (MUI) #Fatwa MUI #Susilo Bambang Yudhoyono #Penistaan Agama #Ketua MUI Ma'ruf Amin

Berita Terkait

Agus: Tudingan Ahok ke SBY Adalah Fitnah yang Sangat Keji Agus: Tudingan Ahok ke SBY Adalah Fitnah yang Sangat Keji
MUI Belum Akan Melaporkan Ahok, Tapi... MUI Belum Akan Melaporkan Ahok, Tapi...
Ma'ruf Amin: Hanya Teguran Tak Cukup untuk Ahok Ma'ruf Amin: Hanya Teguran Tak Cukup untuk Ahok

#Jakarta #Majelis Ulama Indonesia (MUI) #Fatwa MUI #Penistaan Agama #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Ketua MUI Ma'ruf Amin #Susilo Bambang Yudhoyono

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar