Kapolda: Akan Ada Aksi Massa Pada Saat Pencoblosan Pilkada DKI

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan. (arah.com/Restu Saputra)

Arah -  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan mengimbau masyarakat yang akan berunjuk rasa menjelang pelaksaan Pilkada DKI Jakarta harus mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku agar pelaksanaan Pilkada berjalan aman, damai dan sukses.

"Dari pemberitahuan yang kami dapatkan, ada masyarakat berunjuk rasa pada tanggal 11, 12 dan 15 Februari dengan melakukan shalat subuh berjamaah di Masjid Istiqlal lalu berjalan ke Tempat Pemungutan Suara untuk mengawasi TPS padahal sudah ada Polri," kata Iriawan di Kantor KPU DKI Jakarta, Selasa.

Pernyataan itu dikatakannya dalam konferensi pers bersama Pangdam Jaya, Plt Gubernur DKI Jakarta, Ketua KPU DKI Jakarta, dan Ketua Bawaslu DKI Jakarta.

Dia mengimbau masyarakat yang berunjuk rasa mematuhi Pasal 6 UU nomor 9 tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat bahwa warga negara berkewajiban menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain.

Iriawan mengatakan, Pasal 6 itu menegaskan bahwa para pengunjuk rasa tidak boleh mengganggu warga lain yang menggunakan jalan sehingga harus saling menghormati dan menjaga ketertiban umum.

"Kita harus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa sehingga jalannya unjuk rasa harus menjaga dan menghormati ketertiban umum," ujarnya.

Dia menegaskan apabila pengunjuk rasa tidak mematuhi aturan UU maka akan dibubarkan secara paksa berdasarkan Pasal 15 UU nomor 9 tahun 1998.

Selain itu menurut dia, ketika ada pengunjuk rasa yang melakukan tindak pidana yaitu melanggar hukum maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

"Saya juga menghimbau di masa tenang tidak lakukan kampanye apabila masih ada yang lakukan maka ada sanksi yang mengaturnya," katanya.

Iriawan juga menghimbau agar masyarakat tidak menghalangi pemilih menggunakan hak pilihnya, tidak memaksakan orang memilih salah satu calon, dan tidak melakukan politik uang.

Baca Juga: Pengacara Syok, Foto Firza Tanpa Hijab di Tahanan Tersebar
Rumahnya Digrudug Ratusan Orang, SBY Minta Keadilan Ke Jokowi
Rizieq Mangkir, Polda Jabar: Akan Ada Jemput Paksa Jika...
Mobilnya Diduga Ada di Demo Rumah SBY, Ini Kata Adian Napitupulu

Menurut dia agar pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta aman, kondusif dan lancar maka hak masyarakat untuk memilih harus diberikan.

Dalam kesempatan itu Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana menegaskan Kodam Jaya mendukung penuh Polri mengamankan pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta yang harus berlangsung aman, damai, dan sukses.

"Kodam Jaya siap membantu Polda Metro Jaya dengan menurunkan kekuatan pasukan berapapun yang diminta untuk ciptakan ketertiban masyarakat," ujarnya. seperti dikutip dari antara

Dia menegaskan Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya bersatu dalam mengamankan Pilkada Jakarta agar berlangsung aman, damai dan sukses sesuai dengan harapan seluruh masyarakat.

Terkait:Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit
Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
Dua Polda akan Periksa Habib Rizieq
Tambahkan Rasa Cinta ke Istri, Ahok Lintasi Jembatan Cinta
FOTO: Badai dan Longsor Salju di Afghanistan Puluhan Orang Tewas
FOTO: Gadis Afghanistan Melawan Prasangka dengan Seni Bela Diri
FOTO: Libya Cegat Migran di Perairan Sabratha
FOTO: Pengunjung Rumah Lembang Membludak, Ini Penampakannya
Gara-gara Konflik, Orangutan Hampir Kehilangan Hutan

#aksi massa #Jakarta #pencoblosan #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Istiqlal #Unjuk Rasa #Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan

Berita Terkait

Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
 Anies Baswedan Dituding Korupsi, Ini Bantahan Sandiaga.. Anies Baswedan Dituding Korupsi, Ini Bantahan Sandiaga..

#Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan #aksi massa #pencoblosan #Istiqlal #Unjuk Rasa

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar