Dalam 3 Hari, 497 Gempa Bumi Guncang Turki

Alat pencatat kekuatan gempa, seismograf. (Foto: isnblog.ch)

Arah - Sebanyak 497 gempa bumi mengguncang Provinsi Canakkale di bagian barat-laut Turki selama tiga hari belakangan. Kondisi itu memaksa badan bantuan untuk mendirikan tempat penampungan dari peti kemas di wilayah tersebut.

Gelombang pertama guncangan dicatat pada Senin dini hari (6/2/2017) di Kabupaten Ayvacik dengan kekuatan 5,3 pada Skala Richter. Dalam peristiwa itu, delapan orang menderita luka ringan, kata Kantor Gubernur Canakkale, yang dikutip media lokal pada Rabu (8/2/2017) dalam laporan Xinhua.

Baca Juga: Militer Turki Gempur Pertahanan ISIS, 65 Orang Tewas
Dituduh Terkait Terorisme, 4.400 PNS Turki Dipecat

Gempa susulan merusak sebanyak 300 rumah, dan memaksa warga lokal untuk tinggal di tenda yang didirikan oleh Lembaga Penanganan Bencana dan Keadaan Darurat bersam Bulan Sabit Merah Turki, kata laporan pers.

Saat gempa terus mengguncang wilayah itu pada Rabu, dua lembaga bantuan memutuskan untuk mendirikan tempat penampungan dengan menggunakan peti kemas dan memasukkan korban sebelum Matahari terbenam agar bisa melindungi mereka secara lebih baik dari udara dingin, kata CNNTurki.

Sementara itu, Mehmet Ozhaseki, Menteri Urbanisasi dan Lingkungan Hidup Turki, mengingatkan bahwa sebanyak 42 persen wilayah negeri tersebut berada di jalur aktif gempa.

"Kita perlu terus mengingat kenyataan ini," kata Ozhaseki kepada harian Hurriyet, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi. "Kita mesti membangun gedung yang aman dengan landasan yang stabil." Sebanyak 605 orang tewas pada November 2011, ketika gempa bumi dengan kekuatan 7,2 mengguncang bagian timur Turki.

Dua gempa kuat lagi --masing-masing dengan kekuatan 7,4 dan 7,2 pada Skala Richter-- merenggut tak kurang dari 18.000 jiwa di Turki pada 1999.

Terkait:Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
39 Sekolah Rusak Akibat Gempa di Pidie Jaya
Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq
Militer Turki Gempur Pertahanan ISIS, 65 Orang Tewas
FOTO: Luis Suarez Pahlawan Sekaligus Pesakitan
FOTO: Nikmatnya Aroma Klasik Kopi Banaran
FOTO: Cuaca Murka, Jawa Dilanda Bencana
FOTO: Serambi Mekkah Porak Poranda Usai Diguncang Gempa 6.4 SR
FOTO: Pasar Senen Diamuk Si Jago Merah

#Jakarta #Bencana Alam #Gempa Bumi #Turki

Berita Terkait

Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
39 Sekolah Rusak Akibat Gempa di Pidie Jaya 39 Sekolah Rusak Akibat Gempa di Pidie Jaya
Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Terkait Dana Bansos, Mpok Sylvi Penuhi Panggilan Bareskrim Polri

#Jakarta #Turki #Gempa Bumi #Bencana Alam

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar