Kapolda Jabar Khawatir Aksi 112 Dipolitisir

Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan, saat menjawab pertanyaan wartawan di Bandung, Sabtu (24/12/2016). (Foto:Arah.com/Haryanto)

Arah - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa barat, Anton Charliyan mengimbau kepada warga Jabar untuk tidak ikut dalam aksi 112 di Jakarta Sabtu (11/2).

"Karena kalo kita mau berdoa dimana pun juga yang penting khusyuk pasti diterima. Bagaimana pun, kita nanti alasannya untuk agama, nanti bisa saja dipolitisir, nah inilah yang kita khawatirkan," kata Anton di Gedung Sate, Bandung, Kamis (9/2).

Menurutnya, isu politik di Jakarta lebih kental daripada isu mengenai agamanya. Oleh karena itu, ia mengkhawatirkan adanya campur tangan politik dalam aksi keagamaan yang diinisiasi oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI.

"Nanti takut tercampur dengan masalah-masalah politik. Jangan nanti malah salah maksud, salah tujuan. Kalo ke Jakarta aja boleh tapi maksud dan tujuannya apa, harus jelas dulu," jelasnya.

Baca Juga: Soal Aksi 112, Wiranto: Jangan Sampai Ada Unjuk Rasa!
Soal 112, Ini Penjelasan Lengkap Bachtiar Natsir

Sebelumnya, Ketua Gerakan Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Bachtiar Nasir, menegaskan bahwa aksi 112 Februari 2017 nanti fokus pada ibadah Salat Subuh dan dzikir berjamaah.

"Agenda 11 Februari adalah agenda keagamaan sebagaimana yang disebutkan oleh Bapak Kapolri agenda yang akan diterapkan pada tanggal 11 Februari adalah dimulai dari Shalat Subuh berjamaah dengan penuh ke kusyukan kita berdoa untuk negeri," ujar Ketua GNPF-MUI, Bachtiar Nasir di kediaman Menko Polhukam Wiranto, Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/2).

Setelah aksi 112, lanjut dia, nanti rentetan kegiatan aksi damai umat Islam tersebut ditutup dengan khataman Al Quran berjamaah. Hal itu dilakukan guna meredam tindakan provokasi dari pihak tidak bertanggung jawab.

Terkait:Potensi Ganggu Kamtibmas, Polda Metro Tak Keluarkan Izin Aksi 112
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
Kuasa Hukum GNPF MUI Bantah Adanya Pertemuan dengan Rachmawati
FOTO: Luis Suarez Pahlawan Sekaligus Pesakitan
Janji Manis Djarot di Kampung Ambon
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Jakarta #Kapolda Jabar #GNPF-MUI #Aksi 112

Berita Terkait

Potensi Ganggu Kamtibmas, Polda Metro Tak Keluarkan Izin Aksi 112 Potensi Ganggu Kamtibmas, Polda Metro Tak Keluarkan Izin Aksi 112
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun

#Jakarta #Kapolda Jabar #Aksi 112 #GNPF-MUI

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar