Cinta Gus Dur yang Tak Pudar Oleh Jarak

Abdurrahman Wahid (Gus Dur). (Foto:Wikimedia.org)

Arah -  Siapa yang tidak kenal dengan sosok presiden ke empat Indonesia, Abdurrahman Wahid atau biasa kita panggil beliau Gus Dur. Memimpin Indonesia selama tiga tahun, Gus dur selalu mendapatkan dukungan seorang yang ia cintai, siapa lagi kalau bukan istrinya, Shinta Nuriyah.

Perjalanan cinta keduanya tidak berbeda jauh dengan kisah perjodohan saat itu. Tapi, ada yang membuat lucu sepanjang perjalanan keduanya untuk menikah.

Saat itu, Gus Dur yang akan menjalani studinya di Mesir kerap diingatkan untuk menikah terlebih dahulu. Sang paman, Kiai Fatah rupanya tidak ingin Gus Dur mendapatkan pasangan yang tua. Nama Shinta pun disodorkan kepada Gus Dur. Shinta sebelumnya adalah murid Gus Dur, ketika di Muallimat, Jombang.

Permintaan Gus Dur untuk meminang Shinta pun tidak langsung diterima. Dalam buku biografi Gus Dur, Greg Barto menyebutkan Shinta trauma dengan lelaki yang bernama Abdurrahman yang pernah meminangnya juga saat ia masih remaja.

Pada jaman dulu tentu belum musim yang nanya Whats App atau BBM. Surat Gus Dur untuk Shinta pun sampai, tapi tidak serta merta langsung di iyakan oleh Shinta. Saat itu pun Gus Dur curhat karena kegagalannya tidak naik tingkat karena terlalu aktif di PPI (Persatuan Pemuda Indonesia). Lewat surat balasannya Shinta berusaha menghibur.

"Masak manusia harus gagal dalam segala-galanya. Gagal dalam studi, paling tidak berhasil dalam jodoh," kata Shinta dalam suratnya.

Karena balasan surat itu, Gus Dur meyakini, Shinta juga menaruh hari padanya. Perjuangan cinta belum berakhir, Gus Dur yang mantap melamarkan rupanya masih diragukan Shinta. Bahkan, usaha Gus Dur mendekati Shita juga dilakukan kepada orangtua Shinta.

Di ceritakan, saat itu, Gus Dur sempat putus asa karena penolakan Shinta, padahal ia harus berangkat ke Mesir. Sebelum berangkat, seorang teman mengantar surat Gus Dur untuk Sinta yang isinya meminta apakah Sinta bersedia menjadi istrinya. Si pengantar surat menunggu jawaban Shinta. Saat itu ia sudah berumur 14 tahun.

Shinta mengakui, Gus Dur bukanlah pemuda paling tampan yang pernah dikenalnya. Namun Gus Dur adalah pria dengan kepribadian lembut dan tajam pikirannya, seperti dalam surat-surat yang dia terima. Surat-surat itu belakangan diakui Shinta telah mengubah pandangannya terhadap Gus Dur.

Pada pertengahan 1966, Gus Dur akhirnya meminang Shinta dan keduanya lalu bertunangan. September 1968, keduanya akhirnya menikah. Pernikahan Gus Dur dengan Shinta juga menjadi sorotan. Pasalnya, cucu pendiri NU itu berada jauh di Kairo, alias 12.000 kilo meter dari Jombang, Indonesia, tempat Shinta Nuriyah berada. Pernikahan akhirnya dia diwakili kakeknya, Kiai Bisri Syansuri yang berusia 81 tahun. Para tamu menjadi heboh ketika melihat kiai Bisri justu yang bersanding dengan seorang wanita muda usia yakni Shinta.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Hidup Hanya Sekali Jangan Menua Tanpa Karya
Ini yang Membuat Rudi Hartono Raih All England Terbanyak

Baik Gus dan Shinta, sepakat akan menikah lagi setelah sama-sama lulus kuliah. Sepulang dari Mesir, yang pertama dilakukan oleh Abdurrahman Wahid adalah kawin lagi, dengan gadis yang dicintainya, Shinta Nuriyah.

Pernikahan Gus Dur dan Sinta dianugerahi empat putri. Mereka adalah Alissa Qotrunnada, Zannuba Ariffah Chafsoh, Anita Hayatunnufus dan Inayah Wulandari. Gus Dur yang lahir 7 September 1940 di Jombang, Jawa Timur itu menghembuskan nafas terakhir karena penyakit komplikasi di Ciganjur 30 Desember 2009 di usia 69 tahun.

Terkait:Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq
Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat
Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen
Keren, Ini Klub Bola yang Punya Stadion Ramah Lingkungan
Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Abdurrahman Wahid (Gus Dur) #Cerita #Gus Dur Award #Jakarta #menikah

Berita Terkait

Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya

#Jakarta #Gus Dur Award #Abdurrahman Wahid (Gus Dur) #menikah #Cerita

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar