Pemerataan Ekonomi, Ini Permintaan Jokowi ke Menko

Menko Perekonomian Darmin Nasution (kiri) berbincang dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kanan) disela-sela penyampaian laporan pencapaian dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla bidang ekonomi di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (25/10). (Foto: Antara/ Puspa Perwitasari)

Arah - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyiapkan kebijakan dalam rangka pemerataan pembangunan perekonomian antar daerah.

"Presiden minta menko menyiapkan kebijakan besar untuk mengoreksi ketimpangan yang terjadi," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution ketika mengadakan kunjungan kerja di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (11/2) seperti dikutip Antara.

Dalam satu bulan ke depan, kata dia, pihaknya betul-betul mulai menyosialisasikan dan menjalankan apa saja yang dibutuhkan pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan.

Menurut Darmin, salah satu bagian dari kebijakan pemerintah untuk memadukan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan antarwilayah adalah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau kawasan industri.

Pengembangan KEK diharapkan akan menjadi salah satu solusi dari keterpurukan ekonomi Indonesia sejak 1998. Salah satu KEK yang dikembangkan adalah pariwisata di beberapa provinsi, termasuk KEK Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Baca Juga: Paslon Ini Masih Dominasi Komentar Netizen Saat Debat, Siapa Dia?
Harga Kebutuhan Pokok di Daerah Ini Kembali Naik

Namun pemerintah juga tetap fokus pada KEK industri pengelolaan sumber daya alam, salah satunya kelapa sawit di Pulau Sumatera. "Kenapa pariwisata. Karena, pariwisata tidak saja di Jakarta dan Pulau Jawa, tapi menyebar berdasarkan potensi daerah," ujarnya.

Untuk mengembangkan KEK pariwisata, kata dia, diperlukan "branding" dan "trade mark" sendiri. Tidak bisa hanya ikut dengan apa yang sudah ada. Oleh karena itu, sebagai kawasan wisata perlu dikombinasikan dengan industri komoditas unggulan daerah, seperti sentra mutiara di KEK Mandalika.

Lebih lanjut, menurut Darmin, pengembangan kawasan pariwisata juga perlu memperhatikan infrastruktur, keamanan dan kenyamanan, kesehatan dan kebersihan. "Setelah ketiga hal utama itu dipenuhi baru ke atraksi, dalam bentuk kesenian atau produk macam-macam yang bisa menarik orang datang berkunjung," katanya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet?
Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!
KPK Diminta Tuntaskan Kasus Suap Emirsyah, Jika Tidak...
Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya
Keren, Ini Klub Bola yang Punya Stadion Ramah Lingkungan
Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Jakarta #Darmin Nasution #Kemenko Perekonomian #Ekonomi RI #Kebijakan Ekonomi #Pemerataan Ekonomi

Berita Terkait

Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet? Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet?
Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi! Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan

#Jakarta #Ekonomi RI #Kemenko Perekonomian #Kebijakan Ekonomi #Pemerataan Ekonomi #Darmin Nasution

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar