Jangan Macam-macam! Ini Sanksi untuk Pelaku Politik Uang

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan. (arah.com/Restu Saputra)

Arah -  Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan memerintahkan aparat untuk menangkap semua pelaku politik uang yang berkeliaran pada tahap pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta pada 15 Februari 2017.

"Intelijen dapat informasi akan ada politik uang. Amankan, tangkap semua pelaku yang melakukan politik uang," kata Iriawan pada apel kesiapsiagaan pengamanan tahap pemungutan suara dalam rangka Pilkada Serentak 2017 di Monas, Jakarta, Sabtu.

Pihaknya mengatakan akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk mengantisipasi politik uang pada hari pemungutan suara nanti.

"Tidak boleh dikotori dengan kegiatan politik uang. Media tulis, jangan coba-coba melakukan politik uang di Jakarta, kami akan lakukan proses hukum yang coba melakukan itu," ujar Iriawan.

Ia meminta semua aparat untuk melakukan deteksi dini terhadap segala ancaman dan gangguan yang ada. Monitor setiap perkembangan informasi, dan mengamankan kondisi sehingga jangan ada intimidasi, politik uang, manipulasi kecurangan dalam berbagai bentuk oleh partai politik tertentu.

Sebelumnya di dalam apel, ia mengingatkan agar anggota TNI/Polri menjaga netralitas, tidak terlibat politik praktis karena hal itu bisa menurunkan kepercayaan masyarakat.

Iriawan juga mengatakan aparat agar melaksanakna pengamanan secara terpadu dan komprehensif dengan menempatkan sinergitas pada seluruh komponen masyarakat, baik penyelenggara Pilkada maupun mitra pengamanan. Sehingga sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta menjadi contoh bagi kerja sama pengamanan Pilkada Serentak 2017 di Indonesia.

"Ini yang dimaui masyarakat, sehingga mereka merasa terayomi dan aman," ujar dia. seperti dikutip antara

Baca Juga: Ditanya Kapan Jemput Paksa Rizieq? Ini Jawaban Polda Jabar
Imbas Aksi 112, Penumpang KRL Melonjak 500 Persen

Pihak Kepolisian dengan dukungan TNI, menurut dia, juga akan melakukan pengamanan dan pengawalan hasil perhitungan suara. Mulai dari proses pengiriman dari panitia pemungutan suara (PPS) ke tempat pemungutan suara (TPS), dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) hingga ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

"Saya minta diamankan, dikawal. Saya juga minta unsur babinsa untuk ikut mengawal, tidak ada TNI mendekat ke TPS, saya yang tanggung jawab," ujar Iriawan.

Anggota TNI, ia mengatakan akan ikut mengawasi dengan peralatan nonsenjata di TPS dengan tujuan mengamankan Pilkada Serentak Jakarta.

Lebih lanjut, ia mengatakan aparatnya harus meningkatkan upaya preventif sehingga dapat mencegah permasalahan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat secara tiba-tiba.

"Lakukan patroli gabungan, cari tempat rawan yang sekiranya bisa mengancam keamanan masyarakat saat pemungutan suara. Karena saya dapat laporan masyarakat yang takut ke TPS karena ada tekanan," ujar dia.

Terakhir, ia meminta agar jajaran aparatnya melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab, menjaga kesehatan dan niatkan pelaksanaan tugas untuk beribadah.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Kapolda Metro Sebut Rizieq Akui Kebenaran Video Ceramah Palu Arit
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
Kapolda: Akan Ada Aksi Massa Pada Saat Pencoblosan Pilkada DKI
Debat Pilgub DKI Saling Kritik, Ini Kata Pengamat Politik...
PPP Bekali 2000 Relawan Wanita Jelang Pilkada, Ahok akan Hadir
Keren, Ini Klub Bola yang Punya Stadion Ramah Lingkungan
Seniman Grafiti '281 Antinuke' Luncurkan Stiker Protes Trump
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Jakarta #politik uang #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan #tangkap pelaku

Berita Terkait

Kapolri dan Kapolda Pantau TPS di Jaksel Kapolri dan Kapolda Pantau TPS di Jaksel
Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
Kapolda: Akan Ada Aksi Massa Pada Saat Pencoblosan Pilkada DKI Kapolda: Akan Ada Aksi Massa Pada Saat Pencoblosan Pilkada DKI

#Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan #politik uang #tangkap pelaku

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar