Lepas Ternak di Jalan? Awas Nanti Kena Denda

Ternak domba. (Foto: foter.com)

Arah -  Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berlakukan sanksi berupa denda bagi masyarakat setempat yang melepasliarkan hewan ternaknya di jalan raya dan fasilitas umum.

"Kita denda pemilik sapi dan kambing tersebut masing-masing satu ekor sapi Rp1 juta dan kambing Rp200 ribu," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Marjohan, di Mukomuko, Selasa (14/2).

Uang denda dari pelanggaran pelapasliaran hewan ternak tersebut  telah diberikan pada pemerintah setempat melalui kas daerah

"Setelah uang denda terkumpul langsung kita setorkan ke Kasda," ujarnya

Razia yang dilakukan sejak 6 Februari 2017 itu dilakukan oleh personel Dinas Satpol PP dan Pemadaman Kebakaran. Lima ekor sapi dan satu ekor kambing sudah ditangkap dua kelompok personel tersebut.

Baca Juga: SBY: Tuduhan Antasari Tanpa Dasar, Tuduhan Itu Liar!
Antasari: SBY Utus Harry Tanoe Tak Tangkap Aulia Pohan

Sebagai tindakan antisipasi, penandatanganan surat pernyataan untuk tidak melepasliarkan hewan ternak juga dilakukan penerima sanksi.

Marjohan menegaskan, jika kejadian tersebut terulang maka pemilik hewan ternak akan dijatuhi hukuman denda beserta tindak pidana ringan.

“Kalau masih dilepasliarkan, maka yang bersangkutan kita limpahkan pemilik hewan ternak ini ke Kejaksaan Negeri setempat," ujarnya.

Ia menyatakan, mulai 6 Februari 2017 sampai seterusnya akan dilakukan penertiban hewan ternak berkaki empat yang dilepasliarkan di jalan raya, permukiman penduduk dan fasilitas umum. (Mutia Rabbani)

Terkait:Warga Temukan Ratusan Amunisi Aktif di Bak Sampah
1.500 Hektare Kebun Sawit 'Disulap' Menjadi Sawah Baru
Terus Dilanda Abrasi, Pulau ini Bisa Hilang dari Peta Indonesia
Wow! Aparat Bengkulu Dapat Insentif Hingga Rp25 Juta
'Broken Home' Sebabkan Anak Kekurangan Gizi

#Denda #sapi #Bengkulu #sanksi #Hewan Ternak

Berita Terkait

Warga Temukan Ratusan Amunisi Aktif di Bak Sampah Warga Temukan Ratusan Amunisi Aktif di Bak Sampah
1.500 Hektare Kebun Sawit 'Disulap' Menjadi Sawah Baru 1.500 Hektare Kebun Sawit 'Disulap' Menjadi Sawah Baru
Terus Dilanda Abrasi, Pulau ini Bisa Hilang dari Peta Indonesia Terus Dilanda Abrasi, Pulau ini Bisa Hilang dari Peta Indonesia

#Bengkulu #Bengkulu #Denda #Hewan Ternak #sanksi #sapi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar