Petugas Bea Cukai Juanda Gagalkan Operandi Narkoba dari Malaysia

Ilistrasi: Barang bukti sabu-sabu. (Foto: Antara/Didik Suhartono)

Arah - Petugas Bea Cukai Juanda menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu dari penumpang pesawat dengan tujuan Malaysia menuju Surabaya. Sabu-sabu itu diperkirakan seberat 3.270 gram narkoba jenis sabu-sabu.

Mochamad Moelyono selaku Kepala Bea dan Cukai Juanda, Kamis (16/2), menjelaskan penyelundupan narkoba dilakukan tiga orang penumpang masing-masing berinisial MY, ST dan SY.

"Ketiganya ditangkap dalam waktu yang berbeda yakni pada tanggal 14, 21 dan pada 29 Januari 2017 usai turun dari pesawat Air Asia tujuan Malaysia menuju ke Surabaya," ungkapnya pada media.

Baca Juga: Diduga Seorang WNI Terlibat Pembunuhan Kim Jong Nam
Ternyata Saudara Tiri Kom Jong Un Ini Pernah Minta Dilindungi

Ia pun menambahkan, modus operandi yang dijalankan pelaku untuk mengelabui petugas bea dan cukai di Bandara Internasional Juanda bervariasi.

"Seperti yang dilakukan oleh MY yang mencoba menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu ini melalui pembalut yang dikenakan. Namun, narkoba seberat 120 gram ini berhasil dideteksi dan berhasil digagalkan upaya penyelundupannya," imbuhnya.

Sementara itu pelaku ST, diketahui menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 2.880 gram dengan cara dibungkus melalui alumunium foil yang dimasukkan ke dalam kardus telepon genggam.

"Sementara untuk pelaku SY yakni dengan cara menyembunyikan narkoba jenis sabu-sabu seberat 270 gram dengan cara dibungkus dengan plastik kemudian dimasukkan ke dalam gagang koper yang dibawanya," tambahnya lagi.

Atas penyelundupan narkoba ini, pelaku diancam dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika yakni pasal 113 ayat 1 dan 2 dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun penjara.

"Selain itu, dalam hal ini barang bukti melebihi 5 gram pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana paling lama 20 tahun penjara dan pidana denda maksimum Rp10 miliar ditambah sepertiga," jelasnya.

Keberhasilan penggagalan penyelundup narkoba jenis sabu-sabu seberat 3.270 gram tersebut, sejatinya Bea Cukai Juanda berhasil menyelamatkan generasi muda sebanyak 16.350 jiwa jika asumsi 1 gram narkoba sabu-sabu digunakan oleh lima orang.

"Penggagalan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ini merupakan kerja sama yang baik dan terintegrasi antara Bea Cukai Juanda, Bea Cukai Jawa Timur, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur, Ditreskoba Polda Jawa Timur, Imigrasi Juanda, pengamanan Bandara dalam hal ini Lanudal Juanda serta dari Angkasa Pura 1 Juanda," tandasnya. 

Terkait:Petugas Bea Cukai Juanda Gagalkan Operandi Narkoba Dari Malaysia
Tahun 2017, Kuota Penerima Bidikmisi Ditambah
Surabaya dan Busan Join Kembangkan Maritim
Kapal Tujuan Surabaya Kandas, Begini Nasib Para Penumpang
Mensos Targetkan Indonesia Bebas Hukum Pasung 2019

#Bandara Juanda Surabaya #Surabaya #Perangi Narkoba

Berita Terkait

Mensos Targetkan Indonesia Bebas Hukum Pasung 2019 Mensos Targetkan Indonesia Bebas Hukum Pasung 2019
Surabaya dan Busan Join Kembangkan Maritim Surabaya dan Busan Join Kembangkan Maritim
Karang Taruna Ini Cari Jalan Aspal Berlubang, Loh Kok? Karang Taruna Ini Cari Jalan Aspal Berlubang, Loh Kok?

#Surabaya #Bandara Juanda Surabaya #Perangi Narkoba #Surabaya

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar