KPK: Emirsyah Satar Jalani Pemeriksaan Perdana Sebagai Tersangka

Ilustrasi Gedung KPK

Arah - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Mantan Direktur PT Garuda Indonesia 2005-2014 Emirsyah Satar diperiksa untuk kali pertama sebagai tersangka kasus korupsi suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C kepada PT Garuda Indonesia.

"Benar, diagendakan diperiksa hari ini untuk pertama kali sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (17/2) seperti dikutip dari Antara.

Emirsyah dalam perkara ini diduga menerima suap 1,2 juta euro dan 180 ribu dolar AS atau senilai total Rp20 miliar serta dalam bentuk barang senilai 2 juta dolar AS yang tersebar di Singapura dan Indonesia dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 pada PT Garuda Indonesia Tbk.

Pemberian suap itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku "beneficial owner" dari Connaught International Pte. Ltd yang berlokasi di Singapura. Soetikno diketahui merupakan presiden komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA), satu kelompok perusahaan di bidang media dan gaya hidup.

Baca Juga: Kasus Suap Rolls Royce ke Emirsyah Diselidiki Sejak 2012
Koalisi Putaran Kedua, PAN: Insya Allah Merapat ke Anies-Sandi

Rolls Royce sendiri oleh pengadilan di Inggris berdasarkan investigasi Serious Fraud Office (SFO) Inggris sudah dikenai denda sebesar 671 juta pounsterling (sekitar Rp11 triliun) karena melakukan pratik suap di beberapa negara antara lain Malaysia, Thailand, China, Brazil, Kazakhstan, Azerbaizan, Irak, Anggola.

KPK awalnya menerima laporan dari SFO dan Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) Singapura yang sedang menginvestigasi suap Rolls Royce di beberapa negara, SFO dan CPIB pun mengonfirmasi hal itu ke KPK termasuk memberikan sejumlah alat bukti. KPK melalui CPIB dan SFO juga sudah membekukan sejumlah rekening dan menyita aset Emirsyah yang berada di luar negeri.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Terkait:Jadi Tersangka, ini Bentuk Suap yang Diterima Emirsyah Satar
Selain Emirsyah, KPK Tetapkan Seorang Pebisnis Jadi Tersangka
Terkait Suap Rolls Royce,KPK Larang Emirsyah Satar ke Luar Negeri
Kasus Suap Rolls Royce ke Emirsyah Diselidiki Sejak 2012
Main Suap Selama 25 Tahun, Rolls Royce Dihukum Rp11 Triliun
Wow! Lego Bangun Rumah Raksasa di Kota Asalnya
FOTO: Patung Lilin Trump Pakai Rambut Manusia
Deretan Tersangka Penyuap Patrialis Akbar
FOTO: Cerita di Balik Abyab Binsari, Gua Jepang di Pulau Biak
SBY: Penyadapan Bentuk Kejahatan Serius

#Jakarta #Garuda Indonesia #Roll Royce #Emirsyah Satar

Berita Terkait

Jadi Tersangka, ini Bentuk Suap yang Diterima Emirsyah Satar Jadi Tersangka, ini Bentuk Suap yang Diterima Emirsyah Satar
Selain Emirsyah, KPK Tetapkan Seorang Pebisnis Jadi Tersangka Selain Emirsyah, KPK Tetapkan Seorang Pebisnis Jadi Tersangka
Terkait Suap Rolls Royce,KPK Larang Emirsyah Satar ke Luar Negeri Terkait Suap Rolls Royce,KPK Larang Emirsyah Satar ke Luar Negeri

#Jakarta #Emirsyah Satar #Roll Royce #Garuda Indonesia

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar