Lamanya, Daftar Tunggu Haji di Aceh Bisa Seperempat Abad

Ilustrasi jamaah calon haji (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Arah -  Tingginya minat warga untuk menunaikan rukun Islam ke lima, daftar masa tunggu keberangkatan haji di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, sampai 25 tahun atau seperempat abad.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe Hamdani Daud di Lhokseuma, lamanya daftar tunggu itu didasarkan pada kondisi kuota calon jamaah haji Aceh secara keseluruhan.

Dimana, untuk Aceh kuota haji yang ditetapkan oleh pemerintah sebanyak 3.111 orang setiap tahunnya, sedangkan minat masyarakat sangat tinggi, sehingga harus menunggu 25 tahun bagi yang sudah terdaftar dan melunasi pembayaran tahap awal.

"Yang masuk masa tunggu sekarang hingga 25 tahun mendatang, adalah mereka yang sudah memiliki nomor porsi keberangkatan," ucap Hamdani, dikutip Antara.

[baca_juga]

Lanjutnya, secara khusus, jumlah calon jamaah haji di Kota Lhokseumawe yang sudah melakukan pembayaran porsi keberangkatan sebanyak 4.500 orang, sedangkan kuotanya 207 orang tiap tahunnya.

Ia menyebutkan, hampir setiap hari selalu ada warga yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, begitu juga dengan pelunasan biaya untuk memperoleh nomor porsi juga selalu ada.

"Setiap harinya, selalu saja ada warga yang mendaftar menjadi calon jamaah haji di Kota Lhokseumawe," ucapnya.

Selain itu, tambah Hamdani, umumnya calon jamaah haji yang menunggu masa keberangkatan tersebut sudah memasuki usia tua.

Video Trending Pilihan Redaksi:

 

Berita Terkait

Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi
Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?
Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI

#Jakarta #Banda Aceh #Kuota Haji #Ongkos Naik Haji (ONH) #Kemenag

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar