Peduli Sampah, Kota Jogja Gelar Aksi Gropyokan

ilustrasi warga bersihkan sampah (foto/antara/iggoy el fitra)

Arah - Hari Peduli Sampah Nasional di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta digelar dengan aksi gropyokan sampah di beberapa lokasi, Jumat (24/2).

Purwanto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman mengambil tema "Mari kita wujudkan Sleman yang bersih dari sampah untuk menjamin kualitas lingkungan sehat" pada Hari Peduli Sampah Nasional.

"Peringatan hari peduli sampah di Kabupaten Sleman dilaksanakan beberapa kegiatan yakni gropyok sampah yang dilaksanakan warga masyarakat Karangasem, Gempol Condongcatur Depok berhasil mengumpulkan sampah satu dum truk penuh," terangnya.

Tidak hanya itu, pada kesempatan yang sama juga diadakan bersih-bersih sampah serentak di seluruh wilayah Kabupaten Sleman, Jumat, 24 Februari 2017.

"Kemudian bersih-bersih Kaliurang oleh Perkumpulan Yogyakarta Green and Clean pada 25 dan 26 Februari 2017 dengan kegiatan edukasi sampah, sosialisasi bank sampah, clinik ecobrick, pameran daur ulang sampah, garuk sampah gunung dan lomba menggambar," tambahnya lagi.

Bahkan pihaknya juga mengadakan, di lapangan Denggung tepat pada Minggu 26 Februari 2017 dilaksanakan bersih-bersih alun-alun Denggung yang dipromotori PT Pos Indonesia PC Yogyakarta.

"Kegiatan itu dilaksanakan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat, mulai dari pribadi, komunitas dan seluruh komponen pemangku kepentingan dalam mengelola sampah untuk mewujudkan Kabupaten Sleman yang bersih dan sehat," ujarnya kemudian.

Sementara itu Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menuturkan, sebagai salah satu Kabupaten di DIY dengan kepadatan penduduk, sampah sejatinya merupakan tantangan yang memerlukan perhatian khusus.

"Tercatat, bahwa total sampah Kabupaten Sleman perhari bila dihitung dari jumlah penduduk Kabupaten Sleman adalah kurang lebih 2.500 meter kubik per hari, namun jumlah ini yang tentu dapat lebih besar bila dihitung dari aktivitas yang terjadi di Sleman karena merupakan tujuan wisata dan pendidikan," katanya lagi.

Baca Juga: Pakar: Penurunan Muka Tanah Perparah Banjir Jakarta
Survei, Setengah Penduduk Indonesia Belum Miliki Rumah

Ia pun menghimpun, data dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, sampah yang dihimpun lewat armada truk ke TPA setiap mencapai 319.56 meter kubik.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman juga meninjau hasil kerajinan daur ulang sampah berupa miniatur vespa dari bahan kaleng bekas, tas serta aneka bunga dan vas bunga, plastik sebagai media menanam tanaman di pot bunga, serta reaktor pengolah sampah plastik menjadi solar oleh PSM Rejosari Jogotirto, Berbah.

Berita Terkait

Kabupaten ini Budidayakan Tanaman Obat Secara Massal Kabupaten ini Budidayakan Tanaman Obat Secara Massal
Ini Bahaya Sampah plastik Bagi Lingkungan Ini Bahaya Sampah plastik Bagi Lingkungan
Presiden Bagikan 1.190 Kartu Indonesia Pintar Presiden Bagikan 1.190 Kartu Indonesia Pintar

#Yogyakarta #Barang Daur Ulang #daur ulang #Sleman

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar