Mataram Lombok Great Sale akan Jadi Agenda Tahunan

Sejumlah penumpang keluar dari terminal kedatangan Bandara Lombok International Airport (LIA) di Praya, Lombok Tengah, NTB. Meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke NTB di musim "Low Season" Dinas Pariwisata NTB menyelenggarakan Lombok Sumbawa Great Sale 2017, sejumlah diskon diberikan pada wisatawan seperti diskon belanja, hotel, travel agent, pusat rekreasi, souvenir 15 persen-70 persen mulai 1 Februari hingga 28 Februari 2017. ANTARA FOTO/Ahmad Subaaidi/aww/17.

Arah -  Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat menjadikan "Mataram Lombok Great Sale" sebagai agenda tahunan di kota itu untuk mendukung tingkat hunian hotel tiga bulan pertama setiap awal tahun.

"Karenanya, Dinas Pariwisata bersama Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram harus serius dan fokus melaksanakan kegiatan ini sehingga memiliki dampak bagi para pelaku pariwisata dan masyarakat kota secara umum," kata Mohan Roliskana, Wakil Walikota Mataram, Senin (27/2/2017).

Konferensi pers tersebut selain dihadiri Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram (BP2KM), juga Ketua APKLI, Ketua ASITA NTB, dan perwakilan dari biro perjalanan wisata serta industri kecil menengah (IKM) Kota Mataram yang berkomitmen menyukseskan kegiatan Mataram Lombok Great Sale 2017 pada 1-22 Maret.

Dikatakan, kegiatan Mataram Lombok Great Sale 2017 ini harus fokus dan serius dilaksanakan karena tahun ini merupakan kegiatan pertama, dimana langkah pertama menentukan 1.000 langkah ke depan.

"Saya tidak mau setelah diluncurkan kegiatan ini akan hilang sebaliknya saya ingin setelah dicanangkan ada bentuk konkret dari 'Mataram Lombok Great Sale'," ujarnya.

Baca Juga: Wow! Bisnis Kuliner Halal Ini Booming di Las Vegas
Online Shop, Solusi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga
Akibat Ojek Online, Pejabat Malaysia Sebut Jakarta ‘Terbelakang’

Salah satu langkah untuk meraih kesukseskan kegiatan tersebut adalah dengan menyosialisasikan Mataram Lombok Great Sale 2017 secara masif kepada para pelaku pariwisata, termasuk industri kecil, pedagang kaki lima, pusat perbelanjaan dan lainnya.

"Para pelaku pariwisata di kota ini harus memahami dan mengawal program ini agar bisa diterima semua pihak, sehingga target bisa mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin saat kondisi 'low season' bisa tercapai," ujarnya.

Di sisi lain, wali kota juga meminta kepada Dinas Pariwisata dan BP2KM agar saat melaksanakan program serupa pada tahun depan, melakukan koordinasi dengan pihak provinsi yang juga melaksanakan kegiatan serupa sehingga tidak tumpang tindih.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Abdul Latif Nadjib menambahkan, adapun kegiatan inti dari Mataram Lombok Great Sale 2017 adalah pemberian diskon oleh pelaku pariwisata kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Pelaku pariwisata yang dilibatkan di antaranya di bidang kuliner, kerajinan, hotel dan biro perjalanan. Jadi yang ikut berpartisipasi memberikan diskon 'up to' 70 persen kita berikan spanduk dan berlogo khusus," katanya.

Di samping itu, agar kegiatan ini lebih menarik lagi pihaknya akan menggelar hiburan berupa pementasan kesenian tradional di empat titik objek wisata yakni Taman Sangkareang, Pantai Ampenan, Taman Udayana dan Pasar Seni Sayang-Sayang.

Menurutnya, kegiatan pementasan kesenian tradisional di empat titik itu akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Selain digelar pementasan kesenian tradisional lokal, Dispar juga memberikan ruang bagi kesenian modern dan religi.

"Dengan demikian, panggung hiburan kesenian dalam rangka 'Mataram Great Sale' bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat," tandasnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat
FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan FPI Bawa Merah Putih Bertulis Bahasa Arab, MUI Merasa Disudutkan
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu

#Jakarta #Ekonomi Indonesia #Mataram Lombok Great Sale #Wisata Indonesia

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar