Wisata Malam Parangtritis, Wacana atau Realita?

Pantai Parang Tritis, salah satu pantai wisata di pesisir selatan Yogyakarta. (Foto: Kemenpar RI)

Arah - Wisata malam kawasan Parangtritis diharapkan terealisasi oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Gagasan itu sungguh perlu ditindaklanjuti karena atraksi dan wahana wisata malam di Yogyakarta memang masih kurang," kata Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Herman Tony di Yogyakarta, Jumat (3/3).

Ia juga menambahkan, wisata malam tersebut memiliki daya tarik kuat untuk mengundang lebih banyak wisatawan ke Yogyakarta serta dapat mengimbangi menjamurnya hotel di Yogyakarta.

"Dengan upaya penambahan wahana wisata baru diharapkan dapat mengimbangi menjamurnya jumlah hotel di Yogyakarta," kata dia.

Untuk menghidupkan aktivitas wisata malam di Pantai Parangtritis, menurut dia, cukup diisi dengan pertunjukan atraksi wisata yang menonjolkan budaya lokal setempat, ditambah dengan sajian beragam kuliner khas Yogyakarta.

Sebelumnya Sekretaris Dispar Bantul Jati Bayu Broto mengatakan gagasan wisata malam di kawasan relokasi Mancingan, Parangtritis untuk memberikan alternatif bagi wisatawan pantai yang kehabisan waktu saat berkunjung ke pantai andalan Bantul yang selalu penuh pada hari libur itu.

Baca Juga: David Becham Akan Berlibur Ke Kepulauan Anambas
Kepulauan Anambas, Surga yang Masih Terpenjara

Ia juga mengatakan wilayah relokasi Parangtritis belum dioptimalkan, padahal kawasan tersebut memiliki beberapa fasilitas seperti kios relokasi dan lahan parkir yang bisa dikembangkan.

"Saya melihat peluang wisata malam sangat terbuka di kawasan relokasi, hanya selama ini potensi itu belum ditangkap pemerintah daerah," kata Jati Bayu Broto.



(Zainal Abidin)

Berita Terkait

Dubes Belanda Tawarkan Promosi Wisata Pulau Jawa Dubes Belanda Tawarkan Promosi Wisata Pulau Jawa
Luar Biasa, Produksi Cabai Petani Kabupaten Ini Tembus 18.805 Ton Luar Biasa, Produksi Cabai Petani Kabupaten Ini Tembus 18.805 Ton
KLHK Berhasil Selamatkan Bambu Tutul dari Ancaman Kepunahan KLHK Berhasil Selamatkan Bambu Tutul dari Ancaman Kepunahan

#Yogyakarta #Pantai Parangtritis #Traveling #Wisata Pantai

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar