18 Pemain Lolos Seleksi Tahap Kedua Timnas U-19

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri (tengah) menyampaikan arahan kepada para peserta saat seleksi dan pelatihan tahap pertama calon pemain Timnas U-19 di Lapangan National Youth Training Centre (NYTC) PSSI, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (1/3). Sebanyak 41 peserta mengikuti proses seleksi yang terdiri dari olah kemampuan, taktik, fisik, mental, dan psikotes yang berlangsung dari 1-4 Maret 2017 di NYTC PSSI. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Arah -  Sebanyak 18 dari 41 pemain yang mengikuti seleksi nasional tahap pertama timnas U-19 dipastikan lolos ke seleksi tahap kedua yang rencananya bakal dilakukan di Pekanbaru, Jakarta, Surabaya, dan Makassar, 6-12 Maret 2017.

"Mereka kami berikan kesempatan kedua. Setelah libur satu hari proses seleksi akan kami lakukan. Untuk peserta lainnya hasil seleksi dari masing-masing Asprov," kata pelatih timnas U-19 Indra Sjafri usai memimpin latihan di lapangan NYTC Bojongsari, Depok, Jabar, Sabtu.

Meski mengatakan ada 18 pemain yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap kedua, mantan pelatih Bali United belum bersedia mengumumkan secara detail nama-nama pemain yang dinilai cukup berpotensi memperkuat timnas U-19 itu.

Menurut dia, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon timnas yaitu kemampuan, fisik, kesehatan hingga psikologi pemain. Terkait dengan penunjukan lokasi seleksi didasarkan pada banyaknya kontribusi pemain yang diseleksi.

Baca Juga: Saat Ketum PSSI Tegur Gaya Rambut Pemain Timnas
Wapres JK Jadi Ketua Tim Persiapan Pelaksanaan Asian Games 2018



"Psikotes kemarin sudah kami lalukan. Jadi tidak hanya fisik dan teknik bermain bola saja. Semuanya kami nilai. Untuk Psiko tes saja kami mendatangkan ahli dari UGM," kata pria asal Sumatera Barat itu.

Jika pada seleksi pertama berasal dari PPLP, klub dan Piala Suratin, pada seleksi tahap kedua ini berasal dari seleksi yang dilakukan oleh Asprov PSSI. Seleksi ini adalah yang terakhir sebelum pemusatan nasional yang bakal diikuti 35 pemain.

"Setelah seleksi tuntas, kami punyai waktu tiga hari untuk menentukan nama pemain. Ada 35 nama yang nantinya menjalani pemusatan latihan nasional. Selama pelatihan nanti akan ada sistem promosi degradasi," kata Indra Sjafri menambahkan.

Tidak hanya 35 pemain hasil seleksi nasional yang bakal dipantau. Rencananya bakal ada 13 pemain Indonesia yang saat ini menimba ilmu diluar negeri juga bakal dipanggil untuk menjalani seleksi. Sesuai dengan rencana, seleksi bakal digelar pada 6-10 April.

Melihat kemampuan pemain yang ada saat ini, Indra Sjafri mengaku bakal mendapatkan tim yang kuat. Apalagi beberapa pemain hasil seleksi dinilai memiliki kemampuan yang luar biasa.

"Ada sekitar lima pemain yang istimewa. Tapi kami tidak bisa menyebut siapa dia. Biar gak besar kepala," kata pria berkumis itu dengan tersenyum.

Seleksi nasional tahap pertama U-19 terbilang cukupp istimewa karena dihadiri langsung oleh ketua umum PSSI Edy Rahmayadi. Pria yang juga Pangkostrad TNI ini juga memberikan wejangan pemain muda yang diharapkan menjadi tulang punggung timnas pada Piala AFF U-19 itu.

Berita Terkait

Indra Sjafri Rekomendasikan Pemainnya ke Luis Milla Indra Sjafri Rekomendasikan Pemainnya ke Luis Milla
Peresmian Kontrak Pelatih Timnas Junior Rampung Akhir Januari Peresmian Kontrak Pelatih Timnas Junior Rampung Akhir Januari
Indra Sjafri Apresiasi Pemanggilan 12 Pemain di Luar Negeri Indra Sjafri Apresiasi Pemanggilan 12 Pemain di Luar Negeri

#Jakarta #Pelatih Timnas Indonesia #Timnas Indonesia U19 #Timnas Indonesia U-19 #Timnas Indonesia #Indra Sjafri

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar