Unik, 'Kentongan' Digunakan Lagi Sebagai Penanda Kerja di Sleman

ilustrasi kentongan yang digunakan di sleman

Arah -  Awal Maret 2017, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menggunakan alat komunikasi tradisional "kentongan" sebagai penanda untuk mengawali, istirahat dan mengakhiri hari kerja.

Menurut Wasita, penggunaan "kentongan" tersebut salah satunya dimaksudkan untuk menciptakan suasana tradisional sekaligus menggambarkan suasana yang sejuk dan penuh dengan kebersamaan.

"Cara ini merupakan langkah awal untuk mensosialisasikan pemanfaatan alat komunikasi yang dahulunya dimanfaatkan nenek moyang dan memiliki kode-kode penanda maksud tertentu bagi warga masyarakat," kata Kepala Bidang Dokumentasi, Sarana dan Prasarana Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Rabu.

Baca Juga: Ini Harapan Ria Ricis dan Jessica Mila untuk Perempuan Indonesia
Ditanya Kajian Reklamasi Teluk Jakarta, Ini Jawaban Anies

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara juga menjelaskan mengenai filosofi ketukan atau "thuthuk" sebagai penanda "kentongan".

"Ketukan 'kentongan' pada saat masuk kerja pukul 07.30 WIB dengan kode 5.5 (limo-limo) yang mengandung makna 'siyogo makaryo' (siap bekerja), istirahat siang/ ishoma dengan kode 1.1 (siji -siji) yang mengandung makna 'Ngadeping Gusti' (menghadap Tuhan) dan pulang kerja dengan kode 9.9 (songo - songo) yang mengandung makna 'paripurno' (selesai)," katanya seperti dikutip dari antara

Ia berharap, dengan adanya program kecamatan sebagai pusat pertumbuhan dan pelestarian budaya maupun pengembangan desa-desa budaya diharapkan tata nilai dan pembangunan karakter budaya Jawa dapat lebih dikedepankan. Sehingga, dapat mendukung keberadaan keistimewaan DIY.

Ingin update berita unik lainnya hanya di arah.com


Berita Terkait

Lestarikan Budaya, Sleman Gelar Festival Karawitan Lestarikan Budaya, Sleman Gelar Festival Karawitan
Kabupaten ini Budidayakan Tanaman Obat Secara Massal Kabupaten ini Budidayakan Tanaman Obat Secara Massal
Atraksi Budaya Meriahkan 'Festival Tukang Besi' di Wakatobi Atraksi Budaya Meriahkan 'Festival Tukang Besi' di Wakatobi

#Sleman #Perawatan Tradisional #Sleman #kentongan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar