Djarot Ingin Maulid Nabi di Monas Jadi Agenda Tahunan

Djarot Saiful Hidayat menyatakan akan menonton langsung laga puncak Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Minggu (12/3). (Foto: Arah.com/ Helmi Shemi)

Arah -  Dalam kunjungannya ke kawasan Mampang, Jakarta Selatan, calon Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendukung kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk dijadikan lokasi acara keagamaan seperti maulid Nabi Muhammad SAW.

Meski begitu, Djarot mengusulkan kepada warga agar pelaksanaan maulid Nabi dapat dijadikan agenda rutin dengan skala nasional.

"Kami akan adakan Maulid Nabi tingkat nasional di Monas, semua orang dari daerah bisa datang. Tapi yang besar sekalian. Sehingga dijadian agenda tahunan," kata Djarot di Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (12/3/2017).

Baca Juga: Menarik, 'Taman Jomblo' Mataram Ini Berkonsep Syariah
Tinggalkan Indonesia, Jokowi Langsung Ucapkan Ini ke Raja Salman

Meski menyetujui, mantan wali kota Blitar ini juga mengatakan tetap menegaskan Monas tidak dapat dipakai tiap hari karena masih dalam tahap pengerjaan untuk ditata lebih baik lagi. Ia khawatir, jika diperbolehkan setiap hari maka dapat membuat kotor kawasan Monas.

"Monas sekarang kita perbaiki kita bikin terang benderang. Yang tidak boleh dilakukan setiap saat karena kotor masuk penjual-penjual itu," jelasnya.

Diketahui berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 150 Tahun 1994 tentang Penataan Penyelenggaraan Reklame di Kawasan Taman Medan Merdeka (Monumen Nasional). Dalam SK Gubernur itu diatur soal larangan kegiatan keagamaan dan acara komersial maupun politis di Monas.

Selain itu, larangan penggunaan Monas untuk kegiatan keagamaan juga diatur dalam Keppres Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta.

Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun sempat melarang penggunaan Monas sebagai tempat keagamaan karena merupakan zona netral.

Ahok menyebut peraturan ini diterapkan kepada semua agama. Kegiatan keagamaan yang dilarang juga bukan hanya kegiataan agama Islam saja. (Shemi) 

Berita Terkait

Pengobatan Gratis, Djarot: Kalo Bisa Ada Tes Darah dan Kolesterol Pengobatan Gratis, Djarot: Kalo Bisa Ada Tes Darah dan Kolesterol
Spanduk Provokatif, Djarot: Kata Buya Syafii Maarif Itu Primitif Spanduk Provokatif, Djarot: Kata Buya Syafii Maarif Itu Primitif
Heboh 'Ahmad Dhani' Ke Rumah Lembang, Ada Apa Ya? Heboh 'Ahmad Dhani' Ke Rumah Lembang, Ada Apa Ya?

#Jakarta #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Djarot Saiful Hidayat #Monas #Maulid Nabi Muhammad SAW

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar