Lama Dinanti, Terungkap Penampakan Kereta Bandara Soetta

Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (19/3). (Dok.Antara/Muhammad Adimaja)

Arah -  Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan segera dioperasikan pada Juli mendatang. Kereta ini akan menjadikan Soekarno-Hatta sebagai Bandara kedua di Indonesia (yang pertama adalah Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara) yang bisa diaskes dengan kereta.

Dengan adanya kereta Bandara, waktu tempuh dari pusat kota Jakarta hanya membutuhkan waktu 58 menit. "Lebih cepat, aman, dan tepat waktu," kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau proyek tersebut di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (12/3).

Kereta yang nanti digunakan, merupakan produksi dalam negeri yaitu BUMN PT INKA. Sedangkan pengoperasiannya oleh PT Railink, yaitu perusahaan patungan antara PT Angkasa Pura 2 dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Baca Juga: Beroperasi Juli, ini Rute Kereta Bandara Soekarno-Hatta
Nike 'Pro Hijab' dengan Teknologi Tinggi Segera Diluncurkan

Untuk pertama kalinya, Kementerian BUMN mengungkap penampakan kereta Bandara tersebut. Hal ini diungkapkan melalui akun twitter @KemenBUMN.

Kereta bandara soekarno-hatta buatan PT INKA. (Foto: twitter.com/@KemenBUMN)

Untuk melayani angkutan penumpang, akan dioperasikan 10 rangkaian kereta. Masing-masing rangkaian akan terdiri dari 6 gerbong. Dengan jumlah kereta sebanyak itu, jadwal pemberangkatan kereta Bandara akan tersedia setiap 30 menit.

Pengoperasian kereta Bandara ini, terintegrasi dengan KRL Commuterline. Dari segi layanan dan interior, kereta Bandara setara dengan KRL kelas eksekutif. Penampakan interiornya pun sudah "dibosorkan" ke publik.

Penampakan interior kereta bandara soekarno-hatta buatan PT INKA. (Foto: twitter.com/@KemenBUMN)

Dengan rangkaian kereta sebanyak itu, akan ada 122 perjalan kereta Bandara dalam sehari. Sedangkan target penumpang yang bisa diangkut, sebanyak 133 ribu orang per hari.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Beroperasi Juli, ini Rute Kereta Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi Juli, ini Rute Kereta Bandara Soekarno-Hatta
Angkasa Pura II Percaya Kedatangan Wisman Akan Semakin Meningkat Angkasa Pura II Percaya Kedatangan Wisman Akan Semakin Meningkat
Kereta Tanpa Pengemudi akan Beroperasi di Bandara Soeta Juni Kereta Tanpa Pengemudi akan Beroperasi di Bandara Soeta Juni

#Jakarta #PT Kereta Api Indonesia (KAI) #Kereta Bandara #Bandara Soekarno-Hatta #PT Angkasa Pura

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar