Foto F16 Tergelincir Viral di Sosmed, TNI AU Harap Tak Jadi Meme

Ilustrasi foto (shutterstock)

Arah - TNI Angkatan Udara menyayangkan menyayangkan sejumlah foto pesawat tempur F16 yang tergelincir di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, tersebar dan viral di media sosial.

Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Henri Alfiandi menyatakan, peristiwa itu menyangkut kewibawaan TNI.

"Terus terang itu menyangkut kewibawaan kami (TNI AU)," kata Danlanud di Pekanbaru, Rabu (15/3/2017) seperti dikuti dari Antara.

Henri mengaku kecolongan dengan tersebarnya sejumlah foto yang menunjukkan kondisi pesawat tempur buatan Negeri Paman Sam itu pasca tergelincir dan terbalik di landasan pacu Lanud Roesmin Nurjadin.

Baca Juga: Wow, Ini Dia Pramugari Cantik Pesawat Raja Salman
Muslimah Cantik Ini Ternyata Pilot Pesawat Tempur Afghanistan

Danlanud menjelaskan bahwa pesawat yang mengalami musibah itu juga merupakan milik masyarakat. Untuk itu, ia meminta agar jangan sampai ada foto tersebut terus menyebar atau bahkan di edit sedemikian rupa atau dijadikan meme.

"Ini pesawat milik anda, milik kita semua. Negara lain juga memonitor. Mari kita jaga sama-sama," tuturnya.

Sejumlah foto beredar pasca peristiwa tergelincirnya F16 dengan nomor ekor TS1603 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa petang (14/3).

Foto tersebut menunjukkan kondisi pesawat dalam keadaan terbalik 180 derajat.

Kedua pilot yang menerbangkan pesawat naas itu, Mayor Pnb Andri Setiawan dan Lettu Pnb Marco Anderson dipastikan selamat. Danlanud menjelaskan peristiwa tergelincirnya pesawat itu terjadi sekitar pukul 16.55 WIB.

Pesawat awalnya mendarat mulus, namun saat pendaratan pesawat mengalami masalah pada sistem pengereman atau breaking malfunction.

Kedua pilot lantas berusaha menghentikan pesawat sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) hingga akhirnya tergelincir dan keluar landasan pacu sejauh 200 meter.

Berita Terkait

Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi! Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!
Evaluasi Alutsista, Panglima Minta TNI AU Jujur  Evaluasi Alutsista, Panglima Minta TNI AU Jujur
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#Jakarta #TNI Angkatan Laut #Pesawat Tempur TNI #Pesawat Tergelincir #pesawat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar