REI: Target Penjualan Rumah Meningkat

Seorang pengunjung mengamati sebuah miniatur rumah saat pameran perumahan Real Estate Indonesia (REI) di Semarang, Jawa Tengah, Senin (20/2). (ANTARA FOTO/R Rekotomo/kye/17)

Arah -  Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menargetkan penjualan 75 unit rumah pada pelaksanaan ekspo ketiga di Mal Ciputra Semarang tanggal 15-26 Maret.

"Target penjualan ini meningkat dibandingkan dengan realisasi penjualan pada pelaksanaan ekspo sebelumnya di bulan Februari lalu yaitu sebanyak 40 unit rumah," kata Dibya K Hidayat, Wakil Ketua REI Jawa Tengah Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi pada pembukaan pameran di Mal Ciputra Semarang, Rabu (15/3/2017).

Diakuinya penjualan rumah di awal tahun cenderung lesu karena masih banyak masyarakat yang menunda pembelian karena menunggu adanya kebijakan yang bersifat meringankan salah satunya mengenai penurunan suku bunga.

"Kondisi pasar belum normal, banyak sekali faktor yang membuat orang menunda pembelian. Namun pada saatnya pasti masyarakat akan beli karena rumah merupakan kebutuhan pokok," terangnya.

Pihaknya optimistis dengan peningkatan penjualan pada bulan ini mengingat mulai terjadi penurunan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR). Dia menjelaskan jika sebelumnya suku bunga KPR di kisaran 7,5 persen fixed satu tahun, saat ini turun menjadi 6 persen fixed satu tahun.

Baca Juga: Unggah Video di Sosmed, Ahok Minta Sumbangan Kampanye
Viral di Medsos, Benarkah Guru TK Ajarkan Kebencian Soal Ahok
PDIP-Demokrat Potensi Koalisi di 2019
Ini Sindiran Mega untuk Penyebar Konflik Politik

Sedangkan untuk cicilan fixed lima tahun suku bunga KPR-nya masih 9 persen. Meski lebih tinggi, suku bunga KPR tersebut terbilang murah.

"Ini kesempatan yang baik, penawaran bunga KPR ini sangat baik jadi jangan sampai dilewatkan oleh konsumen yang memang berencana memiliki rumah," ujarnya.

Selain penurunan suku bunga, dia mengatakan program amnesti pajak yang digulirkan oleh pemerintah juga mampu memberikan dampak positif bagi penjualan properti secara nasional termasuk di Jawa Tengah.

"Amnesti pajak seharusnya sudah bisa mulai dirasakan apalagi ini yang terakhir, terutama untuk penjualan rumah menengah dan menengah atas," pungkasnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok Ngadu Nasib ke Rumah Lembang, Pasukan Orange Gagal Temui Ahok
Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen

#Jakarta #rumah mewah #kredit pemilikan rumah (KPR) #Bisnis Properti

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar